Friday, 21 May 2010

MTD 2010


Bagi temen2 domisili kota Malang (tercinta) gag akan asing dengan kata MTD .. maw tau kepanjangannya, Malang Tempo Doeloe. Festival tahunan ini diselenggarakan di tahun 2010 pada tanggal 20 - 23 Mei. Dihadiri oleh juataan penduduk Malang yang antusias dengan memakai dress code Batik pada umumnya, biar menghayati gthu..
Salah satunya Bapak yang berdiri di samping saya ini.. pake seragam ditambah pula dengan sepeda ontel jaman dulu kala.. hmmm

Salut banget de ama yang ikut serta berpartisipasi dalam acara MTD ini.. mulai dari penjual, pengunjung, penghibur (ngamen2 di tengah jalan maksdnya..). Penjual yang ada di MTD juga ikut mengenakan Batik juga lhow, mmm ada juga yang pake kebaya, ,.. penjual disini maksdnya orang2 yang menjual berbagai keunikan barang tempo doeloe.. hmm yang namanya tempo dulu pastinya sesuatu yang jarang di masa sekarang ini , contohnya jajanan yang ku hinggapi sekitaran jalan Ijen (tempat diadakannya MTD) yaitu arbanat.. terkadang disebut rambut nenek karena teksturnya berserabut diselimuti dengan dadar lalu dibungkus pake kertas.. hmm yummyy

Tak diduga ketertarikan pengunjung amad besar yaitu ditandai dengan penuh sesaknya saat ku membelinya, antri sesak.. berjubel apalagi kalog mendapati rombongan yang lagi berkunjung beli.. hmmm nunggu giliran niy..

Tapi have fun juga ngrasain gthu.. kand jarang2 hehehhe iah gag..

Selaen jajanan ithu ada juga lhow yang menjual tebu , dan air tebu langsung setelah pengolahan.. hmm gimana rasanya tuh..gag ragu akan keasliannya juga kan.. tapi yaa githu ramee banget orang beli.. jadi harus ngantri .. hhheehhh lewati aaahhh.. Lalu mendekat ke orang yang teriak2 "es gandhol...es gandhoooolll.... mari esnyaaa..." yuk mari incipi juga tuh esnya.. berhubung saat ithu gerah banged hawanya,. cobain aahh.. es ithu berupa es batu yang dipasrah (bukan memasrahkan diri.. tapi dipasrah - kata kerja - pake alat gethoo) lalu dikaitkan dengan merang terus di lapisi pake sirup melon dan sirup sroberi di sisi2nya.. hmmm lagziiiis.. mantapppbb..

Saat ku melahapnya dengan cara disedot tuh esnya.. hmm dinginnya ... tapi nikmat ithu terasa di kala sirupnya masih berada di bagian atas es, berhubung sirup itu berupa cairan maka suatu ketika sirup ithu akan menuju ke bawah es lalu menetes ke kertas bungkus.. semakin lama sirup itu menetes semakin sedikit pula rasa manis terasa di es gandhol tersebut ,,.. hmm ilmiah banged yaw bahasakuw.. Jadi saat rasa manis dari es itu hilang, hehehhe kubuang esnya.. penyebab lainnya juga ,. merang yang mengaitkan es patah.. jadi bukan gandhol lagi namanya.. xixiix

Semakin menyusuri area MTD semakin banyak pula foto yang dihasilkan heheheh.. berhubung pengennya es mulu jadi singgah ke warung yang menyajikan es Ketan Duren..
Bener2 wisata kuliner hari ithu ..xixiix ,,. es ini isinya ketan dengan kuah santan dibubuhi 1 biji duren tanpa daging buah durennya dan 1 biji lagi beserta daging duriannya.. yang udah dimasak sehingga bisa dimakan keak biji nangka gto (beton-biji nangka., kalog biji duren namanya apa yaw..?)

Q susuri lagi jalan sepanjang Jalan Ijen .. uups Q menemukan objek yang cute banged keliadannya .. hohohow foto dulu aaahh..
Pada belokan jalan Ijen yang ke berapaa,, gto menemukan sepaket pertunjukan wayang kulit ..


Trus da objek yang menggugah antusias kuw.. hmm ada kuda warna coklat putih.. lucunya..

Sempat membuat kaget juga di saat kuda ithu menggoyang kepalanya..hehheh grogi kalie yaw foto bareng ama akuw.. xixixix

Q mendapati topeng raksasa.. gimana buatnya tuh yee... hmmm emnak bener kata orang "Seni dan kreatif tak ada batasnya"


Sampai di ujung persimpangan jalan menuju pintu keluar area eMTeDe ada depot nasi yang di depannya dipajang dua bidadari nan elok rupawan memakai kemben warna merah dan biru..


bidadari yang warna biru ada di fB Q.. coba diliad yaw..

Kesan terhadap MTD yang udah kelima diadakan ini cukup mengajak antusias penduduk kota Malang tercengang kembali..


b^_^ c u next year ^_^d
 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates