Thursday, 31 January 2013

PINTEREST, makanan apa itu ??

Jejaring sosial yang baru aku kenal sejak sehari sebelum aku catat di blog ini.. Langsung aku utak-atik situs tersebut. Bingung, awal yang kurasakan. Bahasa asing menyelimuti dari bagian satu ke bagian lainnya.. Waah aku harus menerapkan ilmu bahasa inggrisku niy..hehhe. Bukan hanya bahasa, tetapi juga menu-menu yang disediakan oleh jejaring sosial ini membuatku menguras tenaga tuk googling "bagaimana cara memainkannya".
Hasil dari googling yaitu :
 
Sejarah

Pinterest, mungkin bagi sebagian orang jejaring sosial pinterest terdengar asing karena mungkin hampir semua orang di dunia (terutama di Indonesia) hanya mengenal jejarning sosial seperti facebook dan twitter saja.

Pinterest merupakan jejaring sosial  berbagi foto yang sedang booming saat ini. Pinterest yang lahir sekitar bulan maret 2010 tadinya hanya merupakan versi beta tertutup saja, artinya jika seseorang ingin mendaftar akun pinterest, maka ia harus mendapatkan berupa “undangan”  dari pengguna yang sudah terdaftar atau langsung dari pinterest.com.

Sang Pendiri, Ben Silbermann mengatakan ia secara pribadi menulis untuk pertama situs 5.000 pengguna menawarkan nomor telepon pribadinya dan bahkan bertemu dengan beberapa penggunanya. Sembilan bulan setelah meluncurkan situsnya, pinterest memiliki 10.000 pengguna. Silbermann dan beberapa programmer mengoperasikan situs ini dari sebuah apartemen kecil sampai musim panas 2011.

Pada tanggal 16 Agustus 2011, majalah Time menyebut Pinterest dalam "50 Website Terbaik tahun 2011”. Pinterest mirip dengan beberapa jejaring sosia yang sudah ada yakni jejaring sosial berbasis sistem gambar bookmark berdasarkan prinsip yang sama, seperti buatan David Galbraith dengan Wists proyek-nya.

Pada Desember 2011, situs ini menjadi salah satu top 10 terbesar layanan jaringan sosial , menurut Hitwise data, dengan 11 juta total kunjungan per minggu. Bulan berikutnya, pinterest memiliki lintas arahan pengguna yang sangat besar dari situs-situs terkenal lainnya seperti LinkedIn , YouTube , dan Google + . Tercatat pengusaha dan investor yang menginvestasikan modalnya di situs ini seperti : Jack Abraham, Michael Birch , Scott Belsky, Brian Cohen, Shana Fisher, Ron Conway , FirstMark Modal , Kevin Hartz, Jeremy Stoppelman, Hank Malam, dan Fritz Lanman.

Pada Januari 2012 comScore melaporkan situs tersebut memiliki 11,7 juta pengguna, sehingga situs tersebut merupakan situs tercepat dalam sejarah yang menerobos tanda pengunjung 10 juta. Jangkauan yang luas Pinterest yang membantunya mencapai rata-rata 11 juta kunjungan setiap minggu pada Desember 2011 . Sebagian besar pengguna situs adalah perempuan.

Pada pada awal Maret 2012 Silbermann mengumumkan halaman profil dirubah dan sedang dikembangkan yang akan segera terapkan di situs tersebut.

Pada 23 Maret 2012 Pinterest memperbarui persyaratan layanan yang menghilangkan kebijakan yang memberikannya hak untuk menjual konten pengguna-nya hal ini akan berlaku 6 April 2012.

Menurut Experian Hitwise situs menjadi jaringan sosial terbesar ke-3 di Amerika Serikat pada Maret 2012, melebihi Linkedin dan Tagged.

Co-founder Paul Sciarra meninggalkan posisinya di Pinterest pada bulan April 2012 untuk pekerjaan konsultan sebagai pengusaha di tinggal di Andreessen Horowitz .

Konsep Pinterest

Konsep dari pinterest sendiri adalah pengguna dapat meng-upload, menyimpan, menyortir dan mengatur foto, yang dikenal sebagai Pin, dan berbagai konten media lainnya (seperti video) melalui koleksi yang dikenal dengan istilah Pinboards. Pinboards umumnya bertemadan memilik kategori sendiri, sehingga pin dengan mudah dapat diatur, dikategorisasikan dan ditemukan oleh pengguna lain.

Pinterest bertindak sebagai platform media pribadi, dimana konten pengguna sendiri dan juga Pin orang lain dapat di-upload serta diakses pada halaman utama. Pengguna kemudian dapat menyimpan pin favorit mereka ke salah satu papan mereka sendiri dengan menggunakan "Pin This" tombol. Konten juga dapat ditemukan di luar Pinterest dan juga upload ke papan/board melalui tombol "Pin It" yang dapat didownload ke bookmark bar di browser web. 

Teknologi

Ada beberapa cara untuk mendaftarkan akun Pinterest baru. Pengguna dapat menerima undangan dari seorang teman sudah terdaftar, atau meminta undangan langsung dari website Pinterest. Account juga dapat dibuat dan diakses dengan menghubungkan Pinterest ke Facebook atau Twitter profil. Ketika pengguna kembali posting atau "re-pin" sebuah gambar ke halaman mereka sendiri, mereka memiliki pilihan untuk memberitahukan mereka Facebook dan pengikut Twitter, fitur ini dapat dikelola pada halaman pengaturan. Pengguna yang terdaftar dapat memilih untuk login ke Pinterest melalui Facebook.

Contohnya pada halaman Pinterest utama, muncul "pin feed"  yang di gunakan untuk menampilkan aktivitas kronologis dari papan pinterest pengguna. Saat pengguna browsing dan memilih New Boad serta pin yang sesuai, maka pengguna dapat mengunjungi seorang “tastemakers" yang merekomendasikan pinboards dengan isi yang serupa ke pin sebelumnya yang sudah disimpan oleh pengguna.

Untuk pengguna Pinterest, saat ini terdapat empat bagian utama untuk melihat isi : Everythings video, popular dan Gifts. Subkategori ini menyediakan sistem yang terorganisir dari browsing, yang membantu sesama pengguna untuk terhubung dan berbagi berbagai kepentingan.

Link cepat ke Pinterest termasuk tombol  "pin"  yang dapat ditambahkan ke panel bookmark dari web browser, Sedangkan untuk tombol "Follow Me" dan "Pin That" dapat  ditambahkan ke situs Web pribadi atau halaman blog, dan juga Pinterest juga mempunyai aplikasi iPhoneyang  tersedia melalui App Store .

Kelebihan
  • Untuk penggemar fotografi maka di Pinteres sangat cocok dengan hobi tersebut dan semakin tersalurkan, karena disana terdapat banyak foto dan video yang dibagikan oleh pengguna Pinterest.
  • Untuk Blogger juga bisa memanfaatkan untuk mempromosikan blognya dengan cara share link blog kamu (Pin URL Blog). dan juga bisa membuat Channel/Category Pin kamu (yang disebut Board), dengan begitu akan lebih mudah membedakan ini Pin tentang Pendidikan, Teknologi, Pribadi dan lain-lain.
  • Dapat saling bertukar informasi
  • Dapat terhubung ke seluruh orang yang ada di dunia sehingga kita bisa mendapatkan berbagai macam teman baru
  • Sudah terintegrasi dengan Facebook dan juga Twitter
Kekurangan
  • Masih ada beberapa fitur yang membingungkan untuk pengguna baru
  • Pendaftaran harus melalui “undangan” terlebih dahulu
  • Spam merajalela
  • Masih kurang popular dengan facebook atau twitter
  • Belum mendukung bahasa Indonesia
Keamanan

Dari sebagian fiturnya yang menggiurkan, masalah keamanan juga menjadi isu yang hanta untuk pengguna pinterest yakni dengan mudahnya spam menyebar di pinterest.  Contohnya seorang penggunan dapat mengikuti (follow) orang lain tanpa harus meminta persetujuan terlebih dahulu, dan hal ini merupakan jalan termudah bagi para spammer untuk menyebarkan sampah di berbagai tempat. Menurut Securitynewsdaily.com, walaupun Pinterest telah bekerja sama dan menggunakan jasa antivirus Bitdefender, namun tetap saja para spammer menganggap Pinterest adalah surga untuk melakukan aksi tanpa harus terusik dengan peraturan dan pengaman yang ada. 

Bahkan salah seorang spammer asal negeri paman sam tersebut berkata dia bisa mengirimkan ribuan spam ke Pinterest dengan menggunakan 'mainan' automatic spambotsnya. Anehnya, dari ribuan spam tersebut, sampai saat ini, Pinterest hanya menghapus satu spam saja. Steve juga mengatakan, "Pinterest seperti mainan anak kecil, sangat mudah untuk memasuki dan menyebarkan spam di sana". Dia juga menambahkan, "Sampai saat ini, Pinterest adalah jejaring sosial yang sangat mudah sekali untuk dijadikan 'tempat sampah'. Cukup dengan mengetahui bagaimana sistemnya bekerja dan mengetahui cara untuk memperbaikinya". 

Sampai sekarang ini, jumlah anggota situs tersebut telah lebih dari 10 juta orang. Untung saja, spammer ini hanya sekedar 'nyampah' di dunia maya, apa jadinya bila 10 juta spammer 'nyampah' di dunia nyata.

Pemanfaatan dan Pengembangan depan

Sebenarnya potensi terdapat potensi yang sangat besar di dalam pinterest jika bisa dimanfaatkan dengan baik. Contohnya kita dapat memperkenalkan produk-produk kita di pinterest atau sekedar menampilkan karya-karya kita dimana hal tersebut akan mengakibatkan produk kita dapat dikenal luas oleh orang yang ada di seluruh dunia. Namun hal ini di batasi oleh penggunanya yang masih sedikit untuk kalangan jejaring sosial. Bukan tidak mnugkin lagi di beberapa tahun ke depan saat orang-orang sudah mulai jenuh dengan facebook atau twitter mereka akan “hijrah” menuju jejaring sosial ini.

Sumber Referensi :
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Pinterest
  • http://www.merdeka.com/teknologi/pinterest-adalah-surga-para-spammer.html
 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates