Friday, 11 November 2016

Uneg-uneg hari ini, 11-11-2016

Kadang kita tak sadar, apa siy sebenarnya fungsi kuku. Padahal kalo kuku kita panjang, dipotong. Paling tidak bisa buat garuk-garuk, buka plastik, ambil sisa makanan di gigi (kebiasaanku, xxixi). 
Tapi fungsi utamanya apa ya..
Cari-cari artikel aahh..
Pada manusia, fungsi utama dari kuku adalah untuk melindungi ujung jari dan bagian sensitif yang ada di bawah kuku (distal phalanx). Selain itu, kuku juga berfungsi untuk membuat ujung jari kamu menjadi lebih kuat.



Berikut ini adalah bagian-bagian dari kuku manusia:
1. Batang kuku (nail plate)
Ini adalah bagian kuku yang sering kita lihat. Batang kuku adalah bagian yang paling keras diantara bagian kuku yang lain, bagian ini agak transparan sehingga kita bisa melihat pembuluh dara yang ada di bawahnya. Itu sebabnya kita melihat bagian luar kuku berwarna agak kemerahan. Bahan pembentuk kuku ini adalah materi protein yang bernama keratin.
2. Bagian Lunula
Kalau kamu perhatikan setiap kuku kamu, ada bagian yang berwarna putih melengkung. Bagian inilah yang disebut dengan Lunula. Lunula menunjukkan bahwa dibagian bawah kuku kamu masih ada bagian yang disebut matrix, dimana bagian ini memiliki fungsi untuk memproduksi sel kuku terus menerus. Inilah yang membuat kuku kamu bisa bertambah panjang.
3. Bagian akar kuku (root)
Pada bagian inilah kuku kamu menempel kuat. Dan bagian ini berfungsi untuk menahan kuku agar tetap berada pada posisinya.
4. Bagian Sinus
Sinus adalah tempat beradanya akar kuku. Bagian ini adalah pertemuan kulit kita dengan akar kuku.
5. Bagian Matrix
Matrix adalah bagian yang paling penting dari kuku. Pada bagian penting ini ada banyak sekali saraf, pembuluh darah, dan kelenjar penting. Matrix berfungsi untuk memproduksi sel yang menjadi batang kuku. Bagian inilah yang membuat kuku kita tidak pernah berhenti tumbuh.
6. Bagian Bantalan Kuku
Bagina ini adalah kulit yang berada di bawah batang kuku. Pada bagian luar bantalan kuku terdapat banyak pembuluh darah.
7. Bagian Hyponychium
Bagian ini adalah perbatasan antara kuku dengan bantalan kuku. Hyponychium membentuk lapisan pelindung seperti lem sehingga kuku tetap menempel pada bagian bantalan kuku. Bila kita memotong kuku terlalu pendek, bisa melukai bagian ini dan membuat kita merasa perih.
8. Bagian bebas (Free margin)
Bagian ini adalah kuku yang terlalu panjang dan melebihi ujung jari kamu. Kuku yang terlalu panjang biasanya akan mengganggu dan segera dipotong.

Semoga kita senantiasa bersyukur

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dia berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ
"Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allâh yang telah dianugerahkan kepada kalian.”

 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates