Monday, 23 August 2010

10 Kata Motivasi Untuk Diri Sendiri

Mendapatkan rasa menghargai diri sendiri atau penghargaan terhadap diri tidaklah mudah. Sebagian besar dari kita bisa memulai dengan niat baik tetapi kemudian kita tidak tahu jalan apalagi yang harus kita tempuh. Kita membutuhkan petunjuk untuk mengingat ketika saat-saat sulit datang. Ada sepuluh hal yang bisa dingat untuk menumbuhkan rasa penghargaan terhadap diri:

Pengamatan


Untuk sebagian dari kita langkah ini bisa saja sangat sulit dan paling menakutkan dari semua cara. Tetapi sebelum kita memulai perubahan, kita harus memeriksa diri kita, sudah sampai dimanakah kehidupan kita dan hubungan-hubungan yang kita jalin. Beberapa orang bahkan percaya jika pengamatan yang dekat terhadap pribadi kita akan menuntun kearah rasa penghargaan diri kita. Oleh karenanya kita harus mengambil langkah pertama ini, jika ada keinginan yang nyata untuk berubah.

Kejelasan


Mengumpulkan informasi yang kita butuhkan untuk menganalisa secara objektif pribadi kita. Kadang kita melibatkan masa lalu untuk memahami masa sekarang. Hasil masa lalu yang tidak dapat diubah, dapat lebih mudah diterima atau dapat didelegasikan sebagai tanggungjawab kepada orang lain. Analisa sangat penting dalam kejelasan sebagai proses yang akan membantu kita mengambil tanggungjawab lebih untuk persaaan kita, pikiran kita dan tindakan kita.

Cinta


Cinta adalah bagian terpenting dari kondisi manusia. Mempelajari mencintai diri sendiri adalah kunci menggerakkan pribadi kita. Kita harus belajar untuk mencintai dan memanjakan diri sendiri. Sayangnya banyak orang perca bahwa memanjakan diri sendiri adalah sebuah kelemahan, atau bahkan hal yang tidak patut. Menghormati diri sendiri datang dari tangan kita yaitu dengan cinta akan pribadi kita sepenuhnya.

Fokus


Rendahnya penghargaan terhadap pribadi kita akan menuntun kearah depresi. Ketika persaan kita sedang jatuh, kita sering merasa menyerah diri akan keadaan. Permasalahan kelihatannya tidak dapat terselesaikan. Kondisi ini sering menuntun kita untuk lari dari keadaan, yang akan menghilangkan produktivitas dan akhirnya kita berakhir seperti bola yang terus terpental dari satu masalah ke masalah lain seperti mesin pinball tiada pangkalnya. Kunci menggerakkan masalah kita adalah fokus pada satu masalah. Selesaikan satu masalah kecil kemudian beralih ke masalah yang lebih besar. Kemudian, kemudian keluar dari keadaan berantakan dan menggantikannya dengan rasa percaya diri.

Visioner

Banyak para atlet juara melihat cerminan dirinya berdiri diatas podium juara meskipun di baru memulai kejuaraan. Kemampuan ini untuk melihat aktualisasi diri, atau mimpi-mimpi diri, melalui cerminan ini akan membantu mereka memenangkan perlombaan bahkan sebelum mereka memulai. Kita juga harus belajar bermimpi tentang masa depan kita. Impian kita harus dipelihara dan tidak boleh kabur. Impian anda sangat berharga , bantulah impian-impian anda untuk tumbuh dengan berbagi ke keluarga dan teman dekat anda.

Strategi

Tanpa perencanaan yang baik kita akan kalah. Rencana yang matang penting jika kita ingin mencapai tujuan. Bagaimanapun jangan membuat kesalahan merencanakan “rencana besar”. Tidak masalah memiliki rencana jangka panjang, tetapi kita juga harus memunculkan dua atau tiga rencana jangka menengah. Mencapai tujuan akan membantu kita tetap termotivasi. Bukukan rencana, periksa rencana sewaktu-waktu, tetap teguh dan fokus terhadap rencana-rencana kita.

Pemicu


Menghancurkan kebiasaan sangatlah sulit, tetapi jika pola-pola penghargaan diri yang tangguh sudah mendarah daging sejak kecil kita akan jauh lebih kuat dari rintangan-rintangan. Karena contoh kepribadian kita adalah respon yang terkondisi dan dipicu oleh pengalaman sehari-hari seperti munculnya ketakutan, atau kata-kata yang melemahkan rasa percaya diri. Kita harus mempelajari mengidentifikasi dan merespon kelemahan-kelemahan tersebut. Mungkin kita tidak bisa menghentikan total, tetapi kita harus menyadarinya, dan mengeliminasi pemicu buruk dan melupakannya.

Dorongan

Sedikit orang mencapai tujuan dengan tangan mereka sendiri. Mengatasi penghargaan terhadap diri yang rendah membutuhkan dorongan dari orang lain. Orang dengan penghargaan diri rendah biasanya sedikit sekali mendapat dorongan. Dapatkan dorongan yang kuat dari siapapun. Atau jika mereka tidak bisa memberikan dorongan kita bisa bergabung lewat group.

Percobaan


Sebagian besar orang terjebak oleh rutinitas. Mereka hidup setiap hari dengan cara yang sama, makan makanan yang sama, pergi ketempat yang sama dan berpikir dengan cara yang sama. Tetapi hidup butuh kehidupan dan belajar dari uji coba. Bagaimana seseorang bisa yakin tentang apa yang benar bagi mereka meskipun mereka telah mencoba berbagai cara berbeda. kita harus lebih fleksibel, kita harus mencoba apa yang belum terpikirkan sebelumnya. Setiap apa yang kita coba, kita telah belajar menaklukkannya.

Monitoring


Penilaian teratur pada setiap program pembelajaran sangatlah penting dan dan kitalah yang mempertimbangkan dan kita pula yang memutuskan. Menghabiskan waktu melakukan penilaian tidaklah mudah. Orang dengan penghargaan diri rendah selalu menolak untuk menilai dirinya sendiri. Ketika kepercayaan diri pada kondisi yang menurun, Sangatlah mudah mengadopsi perilaku bertahan untuk memastikan bahwa kita tidak punya waktu, energi bahkan mengingkari seperti apakah kita seharusnya. Tetapi mau tidak mau kita harus melaksanakan penilaian; tulislah strategi kita dan ikutilah menilai diri anda sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates