Wednesday, 22 December 2010

Delapan Kebohongan Seorang Ibu Dalam Hidupnya

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita percaya bahwa kebohongan akan membuat manusia terpuruk dalam penderitaan yang mendalam, tetapi kisah ini justru sebaliknya. Dengan adanya kebohongan ini, makna sesungguhnya darikebohongan ini justru dapat membuka mata kita dan terbebas daripenderitaan, ibarat sebuah energi yang mampu mendorong mekarnya sekuntum bunga yang paling indah di dunia.

Cerita bermula ketika aku masih kecil, aku terlahir sebagai seorang anak laki-laki di sebuah keluarga yang miskin. Bahkan untuk makan saja, seringkali kekurangan. Ketika makan, ibu sering memberikan porsi nasinya untukku. Sambil memindahkan nasi ke mangkukku, ibu berkata : "Makanlah nak,aku tidak lapar" ---------- KEBOHONGAN IBU YANG PERTAMA


Ketika saya mulai tumbuh dewasa, ibu yang gigih sering meluangkan waktu senggangnya untuk pergi memancing di kolam dekiat rumah, ibu berharap dari ikan hasil pancingan, ia bisa memberikan sedikit makanan bergizi untuk petumbuhan. Sepulang memancing, ibu memasak sup ikan yang segar dan mengundang selera. Sewaktu aku memakan sup ikan itu, ibu duduk disamping saya
dan memakan sisa daging ikan yang masih menempel di tulang yang merupakan bekas sisa tulang ikan yang aku makan. Aku melihat ibu seperti itu, hati juga tersentuh, lalu menggunakan sumpitku dan memberikannya kepada ibuku. Tetapi ibu dengan cepat menolaknya, ia berkata : "Makanlah nak, aku tidak suka makan ikan" ---------- KEBOHONGAN IBU YANG KEDUA


Sekarang aku sudah masuk SMP, demi membiayai sekolah abang dan kakakku, ibu pergi ke koperasi untuk membawa sejumlah kotak korek api untuk ditempel, dan hasil tempelannya itu membuahkan sedikit uang untuk menutupi kebutuhan hidup. Di kala musim dingin tiba, aku bangun dari tempat tidurku, melihat ibu masih bertumpu pada lilin kecil dan dengan gigihnya melanjutkan pekerjaannya menempel kotak korek api. Aku berkata :"Ibu, tidurlah, udah malam, besok pagi ibu masih harus kerja." Ibu tersenyum dan berkata
:"Cepatlah tidur nak, aku tidak capek" ---------- KEBOHONGAN IBU YANG KETIGA
Ketika ujian tiba, ibu meminta cuti kerja supaya dapat menemaniku pergi ujian. Ketika hari sudah siang, terik matahari mulai menyinari, ibu yang tegar dan gigih menunggu aku di bawah terik matahari selama beberapa jam. Ketika bunyi lonceng berbunyi, menandakan ujian sudah selesai. Ibu dengan segera menyambutku dan menuangkan teh yang sudah disiapkan dalam botol yang
dingin untukku. Teh yang begitu kental tidak dapat dibandingkan dengan kasih sayang yang jauh lebih kental. Melihat ibu yang dibanjiri peluh, aku segera memberikan gelasku untuk ibu sambil menyuruhnya minum. Ibu berkata: "Minumlah nak, aku tidak haus!" ---------- KEBOHONGAN IBU YANG KEEMPAT


Setelah kepergian ayah karena sakit, ibu yang malang harus merangkap sebagai ayah dan ibu. Dengan berpegang pada pekerjaan dia yang dulu, dia harus membiayai kebutuhan hidup sendiri. Kehidupan keluarga kita pun semakin susah dan susah. Tiada hari tanpa penderitaan. Melihat kondisi keluarga yang semakin parah, ada seorang paman yang baik hati yang tinggal di dekat rumahku pun membantu ibuku baik masalah besar maupun masalah
kecil. Tetangga yang ada di sebelah rumah melihat kehidupan kita yang begitu sengsara, seringkali menasehati ibuku untuk menikah lagi. Tetapi ibu yang memang keras kepala tidak mengindahkan nasehat mereka, ibu berkata : "Saya tidak butuh cinta" ----------KEBOHONGAN IBU YANG KELIMA


Setelah aku, kakakku dan abangku semuanya sudah tamat dari sekolah dan bekerja, ibu yang sudah tua sudah waktunya pensiun. Tetapi ibu tidak mau, ia rela untuk pergi ke pasar setiap pagi untuk jualan sedikit sayur untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kakakku dan abangku yang bekerja di luar kota sering mengirimkan sedikit uang untuk membantu memenuhi kebutuhan ibu, tetapi ibu bersikukuh tidak mau menerima uang tersebut. Malahan mengirim
balik uang tersebut. Ibu berkata : "Saya punya duit" ----------KEBOHONGAN IBU YANG KEENAM


Setelah lulus dari S1, aku pun melanjutkan studi ke S2 dan kemudian
memperoleh gelar master di sebuah universitas ternama di Amerika berkat sebuah beasiswa di sebuah perusahaan. Akhirnya aku pun bekerja di perusahaan itu. Dengan gaji yang lumayan tinggi, aku bermaksud membawa ibuku untuk menikmati hidup di Amerika. Tetapi ibu yang baik hati, bermaksud tidak mau merepotkan anaknya, ia berkata kepadaku "Aku tidak terbiasa" ----------KEBOHONGAN IBU YANG KETUJUH

Setelah memasuki usianya yang tua, ibu terkena penyakit kanker lambung, harus dirawat di rumah sakit, aku yang berada jauh di seberang samudra atlantik langsung segera pulang untuk menjenguk ibunda tercinta. Aku melihat ibu yang terbaring lemah di ranjangnya setelah menjalani operasi. Ibu yang keliatan sangat tua, menatap aku dengan penuh kerinduan. Walaupun senyum yang tersebar di wajahnya terkesan agak kaku karena sakit yang
ditahannya. Terlihat dengan jelas betapa penyakit itu menjamahi tubuh ibuku sehingga ibuku terlihat lemah dan kurus kering. Aku sambil menatap ibuku sambil berlinang air mata. Hatiku perih, sakit sekali melihat ibuku dalam kondisi seperti ini. Tetapi ibu dengan tegarnya berkata : "Jangan menangis anakku,Aku tidak kesakitan" ----------KEBOHONGAN IBU YANG KEDELAPAN.


Setelah mengucapkan kebohongannya yang kedelapan, ibuku tercinta menutup matanya untuk yang terakhir kalinya.

Dari cerita di atas, saya percaya teman-teman sekalian pasti merasa
tersentuh dan ingin sekali mengucapkan : " Terima kasih ibu ! " Coba
dipikir-pikir teman, sudah berapa lamakah kita tidak menelepon ayah ibu kita? Sudah berapa lamakah kita tidak menghabiskan waktu kita untuk berbincang dengan ayah ibu kita? Di tengah-tengah aktivitas kita yang padat ini, kita selalu mempunyai beribu-ribu alasan untuk meninggalkan ayah ibu kita yang kesepian. Kita selalu lupa akan ayah dan ibu yang ada di rumah. Jika dibandingkan dengan pacar kita, kita pasti lebih peduli dengan pacar kita. Buktinya, kita selalu cemas akan kabar pacar kita, cemas apakah dia sudah makan atau belum, cemas apakah dia bahagia bila di samping kita. Namun, apakah kita semua pernah mencemaskan kabar dari ortu kita? Cemas apakah ortu kita sudah makan atau belum? Cemas apakah ortu kita sudah
bahagia atau belum? Apakah ini benar? Kalau ya, coba kita renungkan
kembali lagi.. Di waktu kita masih mempunyai kesempatan untuk membalas budi ortu kita, lakukanlah yang terbaik. Jangan sampai ada kata "MENYESAL" di kemudian hari.**

 **) dikutip dari inbox fb dikirim oleh Blue Biru

Sekilas lirik lagu Iwan Fals - Ibu

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati rintang untuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki, penuh darah... penuh nanah

Seperti udara... kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas...ibu...ibu

Ingin kudekat dan menangis di pangkuanmu
Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu

Lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas...ibu...ibu....

Saturday, 11 December 2010

Data Hilang ??

10122010 menjadi hari yang membuatku merasa deg2an, tangan gemetar, ., tau knpa??
Dataku hilang.. dan itupun salahku juga siy,. saat instal ulang (yang sebabnya dirahasiain ajah ya biar gag panjang lebar) gag sengaja ku delete, dan ku format gtu..
wedewh.. dan ku tau kalog yang ku delete itu adalah sebuah drive yang di dalamnya ada data penting kuliahkuu.. HWAAAAAAA.. T.T  gimana gag terbirit - birit..,, 
Langsung deee aku hubungi temen2 seperjuangan yang tau akan hal ini. 
Trus dikasi dee software apa yang cucok ama masalah keak gini.
Ada yang bilang GetDataBack, trus Stellar Recovery. Bisa didownload tuuuhhh...
Nah puncak crita, saat ku jalanin getDataBack, loadingnya lamaa

saking lamanya ada kemungkinan hang gtu..
Udah kejadian hang, trus nyoba Stellar Recovery, dan ternyata bisa muncul tuh folder2 yang kedelete, hasilnya:
wewh.. saat ku memulai tuk me-recover all file,., ternyata harus register, ato minta serial number gtu, carinya susah lagi. Itu kali yakk software versi terbaru, . so aku cari dee versi lamanya, Stellar Recovery versi 3.0... 
Dan akhirnya, Alhamdulillah.. Senangnya hatiku..

software ini sudah registered, gag susah-susah lagi harus cari SN. Dan bisa merecover data yang diinginkan.

Tuesday, 7 December 2010

Selamat Tahun Baru Islam 1432 Hijriyah

Akhir untuk Awal

Ada makan, ada minum.
Ada perjumpaan, ada perpisahan.
Ada madu, ada racun.
Ada sakit, ada sehat.
Ada senyum, ada cemberut.
Ada susah, ada senang.
Ada kepastian, ada pula yang menggantung.
Ada putus asa, ada ikhlas.

Semua yang begin pasti ada ending.
Tapi tidak semua ending ada beginning.

Jika tak berusaha tuk memulainya dari penyelesaian akan jadi sia2 putusan tuk mengakhirinya.
Godaan cukup menggoda.
Gilaan cukup menggila.
Sakit cukup menyakitkan.
Jika tak mempu kendalikan diri, awal hidup dari akhir yang baru ditemui akan stagnan.
Jalan di tempat itu menyedihkan.
Jalan di tempat itu tak akan temukan keikhlasan.
Jalan di tempat itu tak akan dapatkan harapan.
Jalan di tempat itu tak akan meluluhlantakkan masa depan.

Yakin
Usaha
Sampai

Semoga dilimpahkan keridhaan Allah SWT.
Amiin..

Thursday, 11 November 2010

Kebahagiaanmu = Kebahagiaanku

احب لاناس ما تحب لنفسك
Ahibba linnaasi maa tuhibbu linafsika
"Cintailah untuk manusia apa yang kamu cintai untuk dirimu sendiri"
(HR. Bukhori)

 Biasanya untuk diri sendiri senang sesuatu yang baik-baik dan sempurna. Misalnya calon suami yang rupawan dan sholeh. Kendaraan, senang yang bagus dan mewah. Gaji, senang yang sempurna dan banyak. Rumah, senang yang mahal dan elite. ketika untuk diri sendiri, semua (sesuatu) senang yang baik, bagus, dan sempurna, maka sesama muslim pun seyogyanya harus menginginkan yang terbaik. dengan sesama, terikat dengan persaudaraan Islam, Nabi SAW menganjurkan jika ingin yang baik-baik untuk diri sendiri, maka kepada orang muslim yang lain pun harus senang ketika mereka mendapat yang baik-baik pula. Jika ingin diperlakukan dengan baik, berarti harus mau memperlakukan orang lain dengan baik. 
  Dalam kehidupan, bisa jadi ada saudara atau teman yang mendapat kesuksesan, sementara diri sendiri belum. Nah, seyogyanya tidak boleh merasa iri apalagi ingin menghancurkan kesuksesan orang lain. Orang lain senang diri sendiri ikut senang. Orang lain sukses diri sendiri ikut bahagia. Disebutkan dalam hadits Nabi SAW yang artinya: "Tidak sempurna dari kamu sekalian sebelum dia mencintai orang lain seperti dia mencintai dirinya sendiri". hadits itu mengajarkan agar menghilangkan rasa dendam, iri hati, dan rasa dengki. Terkadang orang merasa senang ketika dirinya sukses. Sebaliknya, ketika yang sukses dan berhasil itu orang lain, ada rasa iri dan dendam. Nah, berarti iman belum sempurna. 
 Sebab jika iman seseorang itu sempurna, maka semua itu ia yakini atas kehendak Allah SWT, karena Dia-lah yang mentakdirkan ini semua. 
Orang yang memiliki rasa dendam, iri, dengki, maka seakan-akan dia meniru dan mengikuti langkah-langkah syaitan. Sifat iri dengki bukan karakter orang mukmin. Sebab, orang mukmin itu ketika dia sukses merasa senang, dan ketika orang lain yang sukses maka dia juga ikut merasa senang.

Thursday, 7 October 2010

Pengorbanan seorang PRIA yang kadang tidak diketahui PEREMPUAN

    1. Seorang anak laki - laki, dengan uang jajan seadanya.. diberi orang tua nya agar bisa makan di kantin sekolah, atau ongkos transportasi ke sekolah..
kalian merasa dia akan menggunakan semua uang jajannya? 
dia selalu menabung untukmu selama tiap hari, menahan lapar, menahan segala ajakan teman untuk pergi bermain dan berharap cukup untuk mengajakmu pergi jalan - jalan di hari minggu nanti.., mungkin hanya sekedar nonton atau pergi makan,.. =) 
lalu ketika hari minggu yang dimaksud, engkau jawab : " duh,.. sori ni kek nya aku gak bisa pegi sama kamu hari ini soalnya diajakin keluarga pegi... maap "
dah,.. kamu dah sukses menghancurkan perasaan, pengorbanan tu anak laki - laki.. mungkin mereka tak pernah menangis, atau pun curhat sama temannya,.. karna mereka itu jantan! mereka selalu menyimpan perasaannya seorang diri.

   2. Ketika beranjak dewasa, para wanita cantik hanya akan pergi sama cowo yang punya kendaraan roda 4.. ketika pria harus bersaing untuk mendapatkan dirimu, mereka akan lebih berhemat mati2an agar bisa mengajak mu untuk berkencan,..
ketika engkau mau d ajak pergi, dan kaget untuk pertama kali engkau dijemput memakai motor,..
lalu engkau menjawab " duh rambut gw rusak nih,..." " duh, siang bolong gini kamu ngajakin aku pergi... panas tau " " duhhhh, debu, panas... laen kali aja deh ya ? "
mungkin engkau tidak sadar mengatakannya,.. tapi percaya lah.. hati mereka sakit..

   3. Ketika sudah berkeluarga,... anda tau? mereka kerja banting tulang seharian penuh untuk mencukupi kalian makan..
tau pepatah ini gak?
" Seorang ayah makan telur ayam, sedangkan anak istrinya makan daging ayam "
Di benak seorang ayah, asalkan anak istrinya bahagia itu udah cukup,.. kalo perlu gak makan, ato sekedar makan mi instan, asalkan anak istri bisa makan dia uda senang,.. jangan suka menyia2kan uang hasil kerja keras suami mu itu..

   4. Ketika punya anak, sudah meranjak dewasa.. dia kesulitan untuk membiayai keluarganya,.. tapi ada satu hal yang harus kalian tau..
" mau ayah / suami mu seorang perampok, pencuri, penjudi atau kriminal lainnya,.. ketika uang itu diberikan pada mu,.. dia ikhlas memberikannya padamu, dan RELA MENANGGUNG DOSA UNTUK MU " 

Sunday, 3 October 2010

hikmah dari 'aku bukan aku'

Semalam 02102010 aku update status di fb 'aku bukan aku'.. banyak pikiran yang mengisi otakku.. kenapa begini..knapa begitu.. kog jadi gini.. (gag bisa dideskripsikan, privasi) hehee.. Bagiku ini adalah sebuah kegagalan target.. huks.. aku mencoba tuk berpikir positif, mungkin ini jalan yang diridhoi Allah untukku, dan sebagai sebuah penyelamatan diriku terhadap sesuatu kondisi yang lebih parah dan lebih membawa masalah besar untukku. Tapi di sisi lain .. ku memikirkan orang2 di sekitarku tentang target ('') yang telah tersebar, tersebarnya sebuah target ini dikarenakan target ini bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri (baik prestasi maupun ketepatan waktu) bagi orang2 yang menyayangiku, tapi hari itu sebuah kegagalan menghampiriku,, kegagalan yang membuat kerugian. Hari itu penuh dengan gerutu pada diri sendiri,. 

Ada seseorang yang mencoba menghiburku:
* Hidup tak selamanya berjalan kita mulus,....
   - Butuh batu kerikil supaya kita berhati2
   - Butuh semak berduri supaya kita waspada
   - Butuh persimpangan supaya kita mempunyai kekuatan
   - Butuh pengorbanan supaya kita tahu cara bekerja keras
   -  Butuh air mata supaya kita tahu merendahkan hati
   - Butuh dicela supaya kita tahu bagaimana cara menghargai
   - Butuh tertawa supaya kita tahu mengucap syukur
   - Butuh senyum supaya kita tahu kita punya cinta.
Makasi masukannya..

Aku mencoba tuk bersyukur..
Salah satu sumber Rahasia... "saat hati dan pikiran ini dalam keadaan gundah dan gelisah karena sesuatu yang menurut kita gagal tadi, maka yang terjadi hati ini akan menjadi gelap, sehingga akan menutupi segala kebenaran yang haq serta kilauan mutiara hikmah yang terpendam dalam kejadian itu tadi, sehingga cacian dan seringkali perilaku yang aneh akan kita kerjakan sebagai perwujudan rasa tidak terimanya diri dengan kejadian itu."
Bener juga tuh .. makanya update status semalam tuh benar2 membuatku semakin aneh dan bingung ndiri..

Aku harus gigih tuk wujudkan target selanjutnya.. moga berhasil,.


Friday, 24 September 2010

Mitos vs Medis

Sering terjadi bilamana ada salah satu organ tubuh mengalami sesuatu, dan menganggapnya akan terjadi sesuatu pula (aksi reaksi). Misalkan salah satu mata cedutan, waahh ada yang ngomongin niy, ato akan bersedih hati nantinya, hmm mitos ato ramalan pun sering menghantui, jadinya menuhankan sesuatu dee, hmm.. Pernah suatu ketika browsing tentang masalah cedutan, trus ku temukan :
 Kedutan sendiri adalah gerak reflek pada syaraf dibagian tertentu ditubuh kita, yang bisa kita rasakan tanpa bisa kita kendalikan.
Kalau anda ingin tahu apa arti kedutan itu silahkan simak tulisan dibawah ini :
1. Kedutan di ubun-ubun kepala : Akan mendapatkan kebahagiaan.
2. Kedutan pada bagian kepala sebelan kanan : Akan sakit.
3. Kedutan pada bagian kepala sebelah kiri : Akan mendapatkan kemuliaan.
4. Kedutan pada seluruh kepala : Akan melihat yang aneh-aneh atau ajal sudah dekat.
5. Kedutan pada dahi : Akan mendapat harta atau ilmu pengetahuan.
6. Kedutan pada tengkuk : Akan dicintai orang kaya.
7. Kedutan pada alis mata kanan : Akan berbahagia, tetapi terlebih dahulu mendapat kesusahan.
8. Kedutan pada kelopak mata kanan atas : Akan mendapat keuntungan.
9. Kedutan pada alis mata kiri : Akan bertemu dengan seseorang.
10. Keduatan pada kelopak mata kiri atas : Akan bertemu dengan kekasih/calon kekasih.
11. Kedutan pada kelopak mata kanan bawah : Akan bersedih.
12. Kedutan pada kelopak mata kiri bawah : Akan bersedih hati juga.
13. Keduatan pada ekor mata kanan sebelah atas : Akan sembuh dari sakit.
14. Kedutan pada ekor mata kiri sebelah atas : Akan bertemu keluarga jauh.
15. Kedutan pada ekor mata sebelah kanan bawah : Akan bertemu orang jauh.
16. Kedutan pada ekor mata sebelah kiri bawah : Akan sakit.
17. Kedutan pada biji mata kanan : Akan bersedih hati.
18. Kedutan pada biji mata kiri : Akan bersuka cita.
19. Kedutan pada sekujur hidung : Akan mencium kekasih.
20. Kedutan pada hidung sebelah kanan : Akan lepas dari penyakit.
21. Kedutan pada hidung sebelah kiri : Akan tercapai cita-cita.
22. Kedutan pada pelipis sebelah kanan : Akan mendapatkan kesukaran, kematian dan sebagainya.
23. Kedutan pada pelipis sebelah kiri : Akan mendapatkan ketenangan hati.
24. Kedutan pada telinga sebelah kanan : Akan mendapatkan khabar yang menyenangkan hati.
25. Kedutan pada telinga sebelah kiri : Akan kedatangan keluarga jauh.

Wah..wah.. berhubung saat ku browsing tuh aku mengalami cedutan mata sebelah kiri, dan hasil ramalannya seperti itu..gimana gag menghantuiku tuh.. (kug aku jadi percaya ginie..)

Gag berhenti dari sini, ku lakukan browsing selanjutnya, apakah ada faktor lain yang menyebabkan mata cedutan, dan akhirnya ku mendapatkan (sumber: http://kampungtki.com/baca/16384) :
Mitos yang beredar dalam masyarakat saat ini mengatakan kalau mata kita kedutan di sebelah kiri, maka ada orang yang sedang berbicara jelek mengenai kita. Begitupun juga sebaliknya dan begitu pula jika kita cegukan atau telinga berdenging.

Namun apakah Anda tau jika dilihat dari sisi medis mengenai reaksi ini? berikut ini adalah penjelasannya:
1. Mata Kedutan
Jika Anda mengalami kedutan secara terus menerus, bisa jadi Anda mengalami gangguan syaraf. Namun jika kedutan sesekali saja, Anda mungkin hanya mengalami gejala kurang tidur, stress, atau terlalu lama berada di tempat yang sama.
Jika Anda mengalami hal ini, agar tidak terlalu parahm sebaiknya Anda mulai mengurangi stress Andam kurangi asupan kopi dan tidurlah minimal 7 jam sehari.
2. Telinga Berdengung
Telinga berdengung bukan berarti Anda akan mengalami hal-hal yang buruk. Namun secara medis, telinga yang berdengung bisa terjadi karena dua alasan, di bagian tengah telinga terdapat cairan atau sedang mengalami infeksi.
Jika Anda mengalami reaksi ini yang cukup sering, waspadalah karena dapat merusak bagian mikroskopik saraf pendengaran. Untuk mencegah gangguan pendengaran yang permanen gunakan penyumbat telinga saat Anda berada di konser atau pertandingan olahraga.
3. Cegukan
Cegukan bisa terjadi karena perubahan emosi pada diri Anda atau jika tubuh tiba-tiba mengalami perubahan suhu udara. Cegukan juga bisa terjadi saat Anda terburu-buru makan atau minum. Saat minum, tarik napas pelan-pelan dan minum.  Jika Anda makan terlalu cepat dapat menyebabkan perut Anda kembung dan mengganggu otot diafram, yang bisa mengakibatkan cegukan.
Menurut medis, cegukan adalah hasil dari hambatan pada saraf karena itu bisa membahayakan sebab bisa mengguncang saraf yang kadangkala bisa menyebabkan serangan jantung.

Setelah ku baca, lalu ku renungi.. ternyata benar dan sesuai dengan kenyataan yang ku hadapi yaitu STRESS.. hehe (kug bangga ..), saking kebanyakan mikir ini itu yang belum tahu juntrungannya.. jadinya gag karuan.. KURANG TIDUR.. padahal sore hari tuh ku dah menguap-nguap.. tapi ku berbaring mata niy kug malah melek trus.. dan akhirnya tidurpun bukannya jam 21.00 jadinya molor 23.30, selalu begitu., benar2 aneh niy aku.. TERLALU LAMA DI TEMPAT YANG SAMA.. hmm maw jalan2 gag kesampaian (xixixiix ngarep)..

Friday, 17 September 2010

Filosofi Ketupat, Opor Ayam, dan Baju Baru

Mengapa Hari Raya Idul Fitri identik dengan Ketupat?
Ketupat memiliki makna tersendiri. Bungkus ketupat dibuat dari janur kuning yang dianyam sedemikian rupa hingga membentuk segi empat. Janur kuning merupakan lambang dari penolak bala. Pada Kraton Surakarta, ada sepotong kain panjang yang disebut Samir yang merupakan aksesoris wajib yang harus dikenakan. Samir kuning tersebut dipercaya sebagai penolak bala. Nah, janur kuning inilah kemudian yang dianggap sebagai Samir penolak bala. Dulu, selongsong ketupat itu dibuat sendiri. Tangan-tangan terampil wanita bekerja dengan cekatan merangkai helai-helai janur. Di kala pembuatan selongsong ini biasanya suasana begitu ramai. Inilah yang membuat suasana menjelang Lebaran begitu meriah. Kalo kini sih, cukup membeli saja di pasar yang biasanya dijual per ikat berisi 10 selongsong atau selusin selongsong.
Bentuk segi empat merupakan wujud dari prinsip “kiblat papat lima pancer”, yang bermakna bahwa ke mana pun manusia menuju, pasti selalu kembali kepada Tuhan.
Secara harfiah, “kiblat papat lima pancer” bermakna “empat arah mata angin dan satu pusat”. Kalo dijelantrahkan bisa bermakna macam-macam. Salah satu maknanya adalah makna filosofi keseimbangan alam. Kita tahu ada 4 arah mata angin utama, yaitu timur, selatan, barat, dan utara. Akan tetapi semua arah ini bertumpu pada satu pusat. Bila salah satunya hilang, keseimbangan alam akan hilang. Begitu juga dengan manusia. Ke mana pun manusia ini pergi (ke penjuru mata angin) tentu dia tak lepas dari yang namanya pusat, yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, supaya manusia tetap “seimbang” hendaklah selalu ingat kepada Tuhan, pusat dari segalanya. Itulah kira-kira hasil otak-atik gathuk yang saya tangkap dari filosofi “kiblat papat lima pancer” ini. Kemudian beras yang menjadi isi dari ketupat menjadi lambang dari kemakmuran. Diharapkan setelah hari raya, kita akan selalu dilimpahi dengan kemakmuran. Kata “ketupat” atau “kupat” berasal dari kata bahasa Jawa “ngaku lepat” yang berarti “mengakui kesalahan”. Sehingga dengan ketupat kita diharapkan mengakui kesalahan kita dan saling memaafkan serta melupakan kesalahan dengan cara memakan ketupat tersebut. Ada lagi tradisi unik yang kini sudah sangat jarang ditemukan. Selain simbol maaf, ada yang percaya kalo ketupat dapat menolak bala. Caranya dengan menggantungkan ketupat yang sudah matang di atas kusen pintu depan rumah. Biasanya ketupat digantung bersamaan dengan pisang. Ketupat ini digantungkan berhari-hari bahkan berbulan-bulan sampai kering hingga Lebaran tahun berikutnya. Tapi tradisi menggantungkan ketupat yang kental nuansa mistisnya ini kini sudah sangat jarang ditemukan. Percaya atau tidak, tapi itulah filosofi dan tradisi yang saya ketahui dari cerita orang-orang tua.

Mengapa ketupat selalu ditemani opor aiam?
Untuk membuat opor ini butuh proses. Harus mengeluarkan ayam ini dari kulkas agar bunga-bunga es yang membuat ayam itu tidak basi mencair. Butuh waktu sebelum ayam itu siap dibumbui. Seperti hidup juga begitu kan? butuh proses.Untuk mendapatkan sesuatu yang kita impikan tentu saja ada rangkaian hal yang harus di jalani. Harus sabar adanya. Jangan tergoda untuk mengambil jalan pintas. Coba apa jadinya kalau langsung memasak ayam itu tanpa menunggu ia mencair terlebih dahulu? Ayam itu pasti cuma matang di luar tapi bagian dalamnya masih mentah ! Pasti masih ada darah-darah beku yang membuatmu enggan melahap opor ayam ini. Nikmati proses hidup itu agar jiwa kita matang penuh kedewasaan dan kebijaksanaan.
Sembari menunggu ayam matang, persiapkan proses lainnya misalkan menyiapkan peralatan makan. Terkadang untuk mendapatkan karakter yang baik, butuh waktu yang lama. Sementara karakter kita dibumbui, kerjakan hal lain yang berguna. Jangan hanya fokus untuk menunggu bumbu ayam meresap karena bisa-bisa kita akan merasa bosan. Warnai hidup selagi proses itu berjalan.
 Masih ada satu proses lagi sebelum opor ayam ini benar-benar siap dihidangkan. Yaitu proses menghidangkannya. Setelah matang, mengangakat dan meindahkannya ke dalam mangkukpun ga boleh gegabah. Kuah yang bergolak di dalam panci itu bisa tumpah dan melukai kalau gegabah dalam mengangkatnya. Harus dipegang kuat-kuat dan di angkat pelan-pelan. Nah seperti karakter kita ini. Kepribadian kita teruji dengan tempaan masalah dan panasnya kuah yang mendidih. Jangan mengeluh dan gegabah, jalani pelan-pelan. Karena dalam tekanan, jikalau gegabah tindakan kita mungkin dapat menyakiti diri sendiri atau orang lain yang berada di sekitar kita termasuk pasangan kita. Jadi bukan sekedar memasak, tapi ada filosofi di dalamnya. Banyak yang bisa kita pelajari dalam proses memasak dalam hidup ini. 

Identik dengan baju baru, mengapa??
Mengenakan baju baru juga bagian tradisi Lebaran. Filosofinya mungkin bahwa baju baru adalah simbol dari ekspresi suasana jiwa yang baru dan serba bersih, setelah sebulan menyucikan diri dengan berpuasa. Dengan suasana batin yang bersih itu, harapannya umat Islam mudah membangun sikap persaudaraan antara sesama muslim khususnya, dan sesama manusia agar dapat hidup berdampingan dengan damai dan bermartabat.

Semoga bermanfaat..

Mulai Dari Nol yaa

Alhamdulillah.. puasa kita telah penuh 1 bulan (kalog yang full berpuasa, kalog yang masih bolong, wajib diganti yaa).. dan berujung menghadapi awal bulan Syawal, yang sering kita namakan Idul Fitri. Hari raya ini ku bersama keluarga menghabiskan waktu libur just @ home. Sebenarnya sungguh boring, tapi mau gimana lagi semua saudara di Malang smua..
H-1 kios Barokah Cell masih buka, rame orang berkutat di pintu masuk Barokah Cell tuk membeli pulsa hp. Karena sekitar kampung, hanya kios ku ajah yang buka.. Waduuuh gmana repotnya melayani orang2 yang membeli pulsa, pulsa yang dibelipun tidak hanya 1 nomor tujuan tapi berbaris2 per pengunjung. Belum selesai ku mengetik nomor hape tujuan, ada orang lagi mengantri.. pusiiiing..dan kaget seketika, karena tak biasanya orang bergerumbul sepenuh itu. Sampai adzan Isya' berkumandang, aku pun menutup kios, dan mempersiapkan diri tuk hadapi hidupku yang baru dengan bertakbir.. Subhanallah merinding aku ..

Di Hari Raya Idul Fitri 1431 H tepat tanggal 10 September 2010, pukul 06.00 WIB aku sekeluarga bersiap2 tuk melaksanakan shalat Ied dan mendengarkan khotbah dengan khotib Prof. Dr. H. Imam Suprayogo.

Seusai shalat Ied sekeluarga pergi ke pesarean (pemakaman), menaburkan bunga dan berdoa bersama. Kemudian kembali ke rumah, lalu sarapan pagi bersama keluarga besar.. sungguh nikmat.. Apalagi keponakan2 yang riuh gembira karena semua yang dikenakan serba baru (keak yang nulis gag ajah) ..
Tak ada habisnya aku mengucap rasa syukur.. Kapan lagi bisa berkumpul seperti ini..iya kan?!?

Maaf lahir batin yaa bagi temen2 yang ngasih ucapan via sms dan gag ku balas (saking banyaknya gt).. Banyak banged yang ngasih ucapan sms, berpuisi nyampaikan permintaan maafnya, hohow terharu aku..
 
Semoga tahun depan kita semua masih bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri.. Amiin

Thursday, 9 September 2010

masih tanda tanya bagiku

Uda mau nonton film hasil donlotan, tapi ketika maw di ekstract ternyata ada file yang corrupt (katanya, liad di situs orang). Tapi aku masih belum ngerti tentang itu. Sebenarnya banyak informasi tentang itu, tapi warning yang kuhadapi berbeda. Umumnya, informasi yang tersedia sebagai berikut:

Petunjuk error:
>>>File hasil download kadang mengalami error/ corrupt saat di ekstrak. Tapi file tersebut masih bisa kita ekstrak, jadi jangan buru-buru di delete. ikuti langkah berikut ini:
* klik kanan pada file yang akan di ekstrak
* extract file...
* beri centang pada keep broken files
* OK dan ekstrak kembali

lihat seperti ScreenShot di bawah ini :

SCREEN :

>>> Sedangkan cara memperbaiki file [.rar] yang error:
* Open file .rar [winrar] yang error
* pada menu winrar>Tools> Repair Archive
* rename file yang sudah di repair tadi
* ekstrak lagi.

>>> Cara-cara ini tidak 100% menjamin file anda terextract dengan sempurna, melihat sikon file yang sudah anda download, klo parah, kemungkinannya sangat kecil untuk dapat di extract...

Read more: http://www.thehack3r.com/2010/02/cara-mengatasi-error-pada-file-rar-atau.html#ixzz0z5quzRCW
 
Berbeda dengan yang ku alami, sebagai berikut:


nama filenya 'rebuilt' karena file sebelumnya mengalami proses di atas (dari sumber situs). dan sampai saat ini, blom temukan solusinya, hiks..masih dalam pencarian...

Tuesday, 24 August 2010

ceguk'en

Gag abis sahur,., gag habis buka puasa, aku selalu cegukan.. knapa yaa.. apalagi kalog cegukan di dalam masjid saat shalat subuh (sering alnya), bingung gmana caranya tuk hentikan tuh cegukan. 
  • Menurut sumber wikipedia , Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus. Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit. Cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi.
    Kecegukan yang bersifat menetap memerlukan pengobatan yang lebih intensif. Obat-obat yang digunakan adalah skopolamin, proklorperazin, klorpromazin, baklofen, metoklopramid dan valproat.
    Untuk menghentikan kecegukan bisa dilakukan tindakan berikut:
  1. Menahan nafas, karena dengan menahan nafas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
  2. Bernafas di dalam kantong kertas.
  3. Minum segelas air dingin atau mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.
  4. Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.
  • Menurut sumber lain, Cegukan atau hiccupsadalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik.
    Ada 2 jenis cegukan, yaitu :

    1. Cegukan yang bersifat ringan, yang hanya berlangsung selama 1 - 2 jam saja. Penyebab paling sering pada kategori ini karena adanya regangan pada lambung. Selain itu, juga karena perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya), makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol, merokok terlalu banyak, atau mengalami stres. Cegukan ini akan hilang dengan sendirinya ketika kita tidur.
    2. Cegukan yang bersifat tetap/permanen (persistance). Cegukan jenis ini biasanya terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari tapi bisa berbulan-bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena urenia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

    Untuk cegukan ringan, ada beberapa kiat yang bisa dipakai, antara lain :
    • Meminum air hangat
    • Tarik dan buang nafas, kemudian tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih satu menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Maksudnya adalah untuk menahan dan meningkatkan CO2, sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah bisa menyebabkan cegukan. Setelah satu menit, Anda bisa beristirahat dan kemudian mengulangnya kembali.
    • Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.
    Pengobatan lain yang sering dilakukan adalah dengan menahan nafas atau menelan gula batu. Bisa juga minum air dingin sedikit demi sedikit dan mengeluarkannya dari sisi gelas yang salah. Semua itu dimaksudkan untuk mempengaruhi sistem saraf, sehingga menghentikan ritme cegukan.

    Untuk cegukan yang sifatnya permanen, pasien dianjurkan untuk meminum Chlorpromazin dan Tegretol. Obat ini harus dengan resep dokter!!! Meski ampuh, kedua obat ini ternyata juga memiliki efek samping, yaitu menyebabkan kantuk.
Ada banyak sumber yang tidak bisa dicantumkan satu persatu, moga bermanfaat (bagiku jua) ..

Monday, 23 August 2010

10 Kata Motivasi Untuk Diri Sendiri

Mendapatkan rasa menghargai diri sendiri atau penghargaan terhadap diri tidaklah mudah. Sebagian besar dari kita bisa memulai dengan niat baik tetapi kemudian kita tidak tahu jalan apalagi yang harus kita tempuh. Kita membutuhkan petunjuk untuk mengingat ketika saat-saat sulit datang. Ada sepuluh hal yang bisa dingat untuk menumbuhkan rasa penghargaan terhadap diri:

Pengamatan


Untuk sebagian dari kita langkah ini bisa saja sangat sulit dan paling menakutkan dari semua cara. Tetapi sebelum kita memulai perubahan, kita harus memeriksa diri kita, sudah sampai dimanakah kehidupan kita dan hubungan-hubungan yang kita jalin. Beberapa orang bahkan percaya jika pengamatan yang dekat terhadap pribadi kita akan menuntun kearah rasa penghargaan diri kita. Oleh karenanya kita harus mengambil langkah pertama ini, jika ada keinginan yang nyata untuk berubah.

Kejelasan


Mengumpulkan informasi yang kita butuhkan untuk menganalisa secara objektif pribadi kita. Kadang kita melibatkan masa lalu untuk memahami masa sekarang. Hasil masa lalu yang tidak dapat diubah, dapat lebih mudah diterima atau dapat didelegasikan sebagai tanggungjawab kepada orang lain. Analisa sangat penting dalam kejelasan sebagai proses yang akan membantu kita mengambil tanggungjawab lebih untuk persaaan kita, pikiran kita dan tindakan kita.

Cinta


Cinta adalah bagian terpenting dari kondisi manusia. Mempelajari mencintai diri sendiri adalah kunci menggerakkan pribadi kita. Kita harus belajar untuk mencintai dan memanjakan diri sendiri. Sayangnya banyak orang perca bahwa memanjakan diri sendiri adalah sebuah kelemahan, atau bahkan hal yang tidak patut. Menghormati diri sendiri datang dari tangan kita yaitu dengan cinta akan pribadi kita sepenuhnya.

Fokus


Rendahnya penghargaan terhadap pribadi kita akan menuntun kearah depresi. Ketika persaan kita sedang jatuh, kita sering merasa menyerah diri akan keadaan. Permasalahan kelihatannya tidak dapat terselesaikan. Kondisi ini sering menuntun kita untuk lari dari keadaan, yang akan menghilangkan produktivitas dan akhirnya kita berakhir seperti bola yang terus terpental dari satu masalah ke masalah lain seperti mesin pinball tiada pangkalnya. Kunci menggerakkan masalah kita adalah fokus pada satu masalah. Selesaikan satu masalah kecil kemudian beralih ke masalah yang lebih besar. Kemudian, kemudian keluar dari keadaan berantakan dan menggantikannya dengan rasa percaya diri.

Visioner

Banyak para atlet juara melihat cerminan dirinya berdiri diatas podium juara meskipun di baru memulai kejuaraan. Kemampuan ini untuk melihat aktualisasi diri, atau mimpi-mimpi diri, melalui cerminan ini akan membantu mereka memenangkan perlombaan bahkan sebelum mereka memulai. Kita juga harus belajar bermimpi tentang masa depan kita. Impian kita harus dipelihara dan tidak boleh kabur. Impian anda sangat berharga , bantulah impian-impian anda untuk tumbuh dengan berbagi ke keluarga dan teman dekat anda.

Strategi

Tanpa perencanaan yang baik kita akan kalah. Rencana yang matang penting jika kita ingin mencapai tujuan. Bagaimanapun jangan membuat kesalahan merencanakan “rencana besar”. Tidak masalah memiliki rencana jangka panjang, tetapi kita juga harus memunculkan dua atau tiga rencana jangka menengah. Mencapai tujuan akan membantu kita tetap termotivasi. Bukukan rencana, periksa rencana sewaktu-waktu, tetap teguh dan fokus terhadap rencana-rencana kita.

Pemicu


Menghancurkan kebiasaan sangatlah sulit, tetapi jika pola-pola penghargaan diri yang tangguh sudah mendarah daging sejak kecil kita akan jauh lebih kuat dari rintangan-rintangan. Karena contoh kepribadian kita adalah respon yang terkondisi dan dipicu oleh pengalaman sehari-hari seperti munculnya ketakutan, atau kata-kata yang melemahkan rasa percaya diri. Kita harus mempelajari mengidentifikasi dan merespon kelemahan-kelemahan tersebut. Mungkin kita tidak bisa menghentikan total, tetapi kita harus menyadarinya, dan mengeliminasi pemicu buruk dan melupakannya.

Dorongan

Sedikit orang mencapai tujuan dengan tangan mereka sendiri. Mengatasi penghargaan terhadap diri yang rendah membutuhkan dorongan dari orang lain. Orang dengan penghargaan diri rendah biasanya sedikit sekali mendapat dorongan. Dapatkan dorongan yang kuat dari siapapun. Atau jika mereka tidak bisa memberikan dorongan kita bisa bergabung lewat group.

Percobaan


Sebagian besar orang terjebak oleh rutinitas. Mereka hidup setiap hari dengan cara yang sama, makan makanan yang sama, pergi ketempat yang sama dan berpikir dengan cara yang sama. Tetapi hidup butuh kehidupan dan belajar dari uji coba. Bagaimana seseorang bisa yakin tentang apa yang benar bagi mereka meskipun mereka telah mencoba berbagai cara berbeda. kita harus lebih fleksibel, kita harus mencoba apa yang belum terpikirkan sebelumnya. Setiap apa yang kita coba, kita telah belajar menaklukkannya.

Monitoring


Penilaian teratur pada setiap program pembelajaran sangatlah penting dan dan kitalah yang mempertimbangkan dan kita pula yang memutuskan. Menghabiskan waktu melakukan penilaian tidaklah mudah. Orang dengan penghargaan diri rendah selalu menolak untuk menilai dirinya sendiri. Ketika kepercayaan diri pada kondisi yang menurun, Sangatlah mudah mengadopsi perilaku bertahan untuk memastikan bahwa kita tidak punya waktu, energi bahkan mengingkari seperti apakah kita seharusnya. Tetapi mau tidak mau kita harus melaksanakan penilaian; tulislah strategi kita dan ikutilah menilai diri anda sendiri.

Friday, 30 July 2010

kuE kesukaaN Q.. hmm yuMmy . . .


maw taU gmaNa caRa buaTnyA..

 yuk mRiii


Bahan Resep Kue Salju:
  • 250 gr mentega tawar, bekukan
  • 100 gr gula kastor
  • 200 gr kacang mete, panggang, haluskan
  • 250 gr terigu
  • 150 gr gula bubuk u/ taburan aduk dg 1/2 sdt Vanili
Cara Membuat Kue Salju:
  • kocok mentega dan gula pasir hingga pucat, tambahkan kacang mete, dan terigu, aduk rata.
  • bulatkan adonan, simpan dalam lemari es 30 menit.
  • bentuk bulan sabit, atur diloyang, panggan kira-kira 20 menit (suhu 160′c)
  • gulingkan kedalam gula bubuk.
Tips:
- mentega dibekukan untuk mendapatkan kue yg ngeprul dan krenyes-krenyes, beda dengan mentega yg tidak dibekukan.
Dengan adonan yg dibekukan lebih dahulu, akan diperoleh kue kering yg garing dibagian luar dan “ngeprul” bagian dalamnya, tapi tetap renyah.Ada juga yg membekukannya setelah jadi adonan, shg lebih mudah dibentuk…..
- Yg benar adalah waktu panas2 ditaburin gula bubuk…simpan biar dingin…rahasia satu lagi adalah setelah dingin baru dicelupin ke gula donat, maka putri salju kamu akan cantik berselimut tebal…Gula donat itu gula khusus utk donat, rasanya juga khas…berasa dingin dilidah…dan gak mudah leleh….

Wednesday, 21 July 2010

aku kug baru dengEr yaw,.,

Pagi tadi aku liad iklan acara di global tv "Rossy" yang nanti malam akan menyiarkan wawancara dengan pengidap penyakit yang bagiku aneh kedengarannya yaitu 'Schizophrenia'. Woow penyakit apa lagi itu,., kug aku baru denger yaak.. daripada penasaran, aku coba googling ajo.. ternyata udah banyak orang yang meliputnya, liad hasil pencarianku tadi penyakit schizophrenia

maw tau semua tentang tuh penyakit,.,

Apa itu schizophrenia? Schizophrenia adalah kelainan otak yang kronis, parah dan membuatnya tidak berfungsi, dan telah dikenal orang disepanjang sejarah. Kelainan ini mempengaruhi sekitar 1 persen orang amerika. Orang dengan schizophrenia dapat mendengar suara yang tidak didengar orang lain atau mereka dapat percaya bahwa orang lain membaca pikiran mereka, mengendalikan pikiran mereka atau berencana menyakiti mereka. Pengalaman-pengalaman ini amat mengerikan dan dapat menyebabkan ketakutan, kecanduan atau kemarahan yang ekstrim. Orang dengan schizophrenia dapat berbicara yang tidak masuk akal, dapat duduk selama berjam-jam tanpa bergerak atau banyak bicara, atau dapat terlihat baik-baik saja sampai mereka mengatakan apa yang sebenarnya mereka pikirkan.

Karena kebanyakan orang dengan schizophrenia memiliki kesulitan dalam bekerja atau mengurusi diri mereka sendiri, beban pada keluarga dan masyarakat menjadi cukup signifikan. Perawatan yang tersedia dapat melepaskan banyak dari gejala-gejala gangguan ini, namun kebanyakan orang yang mengalami schizophrenia harus tetap mengalami gangguan yang tersisa sepanjang hidup mereka. Meskipun demikian, ini adalah waktu pengharapan bagi para penderita schizophrenia dan keluarga mereka. Banyak orang yang mengidap kelainan ini sekarang mulai memperoleh hidup yang berarti dan dihargai dalam komunitas mereka. Para peneliti membangun pengobatan yang lebih efektif dan menggunakan peralatan riset baru untuk memahami penyebab schizophrenia dan untuk menemukan cara untuk mencegah dan menanganinya.

Aku browsing2 ternyata orang luar meneliti juga tuh penyakit, jika diliat tanggal munculnya tuh video lama juga, 13 Agustus 2009. Mungkin aku aja yang kurang tau menau., wkwkkw. Peneliti tersebut bernama Martin Livingston. Beliau seorang consultant psychiatrist. Untuk tau lebih jelasnya liad video ini. Beliau akan memaparkan lebih jelas seperti apa tuh penyakit. Hmm berhubung penelitinya orang luar Indonesia,. so yang nyimak kudu ngerti tuh bahasanya yaakk..

GEJALA

Indikator pra sakit antara lain ketidakmampuan seseorang mengekspresikan emosi: wajah dingin, jarang tersenyum, acuh tak acuh. Penyimpangan komunikasi: pasien sulit melakukan pembicaraan terarah, kadang menyimpang (tanjential) atau berputar-putar (sirkumstantial). Gangguan atensi: penderita tidak mampu memfokuskan, mempertahankan, atau memindahkan atensi. Gangguan perilaku: menjadi pemalu, tertutup, menarik diri secara sosial, tidak bisa menikmati rasa senang, menantang tanpa alasan jelas, mengganggu dan tak disiplin.

Gejala-gejala penyakit ini pada umumnya bisa dibagi menjadi dua kelas:

  1. Gejala-gejala Positif
    Termasuk halusinasi, delusi, gangguan pemikiran. Gejala-gejala ini disebut positif karena merupakan manifestasi jelas yang dapat diamati oleh orang lain.
  2. Gejala-gejala Negatif
    Gejala-gejala yang dimaksud disebut negatif karena merupakan kehilangan dari ciri khas atau fungsi normal seseorang. Termasuk kurang atau tidak mampu menampakkan/mengekspresikan emosi pada wajah dan perilaku, kurangnya dorongan untuk beraktivitas, tidak dapat menikmati kegiatan-kegiatan yang disenangi dan kurangnya kemampuan bicara.
Selain wacana, ternyata dari gambar juga bisa mengilustrasikan seperti apa penyakit schizophrenia tersebut:






Perbedaan yang signifikan juga terlihat pada gambar berikut:


Pada gambar di atas terlihat bagaimana isi otak manusia normal dengan pengidap penyakit ini.
Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana perbedaan jika diliat dari sisi komposisi otak, klik di sini

Pengobatan untuk penyakit ini adalah agar mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, selain penderita dibawa berobat di rumah sakit jiwa, dukungan dari lingkungan terutama keluarga sangat diperlukan. Terapi rutin. Sring mengkonsumsi ramuan ginseng, karena ginseng juga berpotensi mengatasi gejala schizophrenia sejenis penyakit otak yang sanggup merusak dan menghancurkan emosi.. Selain itu secara islami dapat dilakukan bekam (hijamah) di daerah kepala belakang, tepatnya ditonjolan tulang kepala belakang serta dilakukan ruqyah syar’iyyah.

Tuesday, 6 July 2010

diLiEcutE lagi jaLan2 . . . ^_^

diliecute

>>diliecute<<

diLiEcuTE

diliEcute

>>diLiecutE<<

diLiEcutE

diLiEcUtE

diLiecuTe

diLiecuTe

diLieCutE

diLiEcUtE

Friday, 2 July 2010

tEstiNk

Tanpa harus meng-klik langsung menuju link ini :

diliecute

kodE waRna








































































































































































































Kode warna yang terpilih :


Get it

waduuch

yaaa.. ternyata blom berhasil..

hikzs

knapa blom berhasil, alnya seharusnya emotikonnya gag ada warna putih di belakangnya..

ada yang baru bagi Q

Di sela browsing2.. Q menemukan wacana yang baru bagi Q.. dan sekarang akan mulai ku coba..
yaahh moga ajah berhasil

banyak macamnya lhow..xixixiix..tempel lagi aahh
hmm makin rame ajah kali' yaw kalog ku slalu cantumkan emoticon2 keak gini ..

Sunday, 13 June 2010

saat kau tak di siNi - ajEng

Seperti bintang-bintang
Hilang ditelan malam
Bagai harus melangkah
Tanpa kutahu arah
Lepaskan aku dari
Derita tak bertepi
Saat kau tak disini
Seperti dedaunan
Berjatuhan di taman
Bagaikan debur ombak
Mampu pecahkan karang
Lepaskan aku dari
Derita tak berakhir
Saat kau tak ada disini

Reff :
Saat kau tak ada
Atau kau tak disini
Terpenjara sepi
Kunikmati sendiri
Tak terhitung waktu
Tuk melupakanmu
Aku tak pernah bisa
Aku tak pernah bisa

Thursday, 27 May 2010

mungkinkah . . .

Tetes air mata basahi pipiku

Di saat kita kan berpisah

Terucapkan janji padamu kasihku

Takkan kulupakan dirimu

Begitu beratnya kau lepas diriku

Sebut namaku jika kau rindukan aku

Aku akan datang

Mungkinkan kita kan slalu bersama

Walau terbentang jarak antara kita

Biarkan kupeluk erat bayangmu

Tuk melepaskan semua kerinduanku

Lambaian tanganmu iringi langkahku

Terbersit tanya di hatiku

Akankah dirimu kan tetap milikku

Saat kembali di pelukanku

Begitu beratnya kau lepas diriku

Sebut namaku jika kau rindukan aku

Aku akan datang

Mungkinkan kita kan slalu bersama

Walau terbentang jarak antara kita

Biarkan kupeluk erat bayangmu

Tuk melepaskan semua kerinduanku

Kau kusayang

Slalu kujaga

Takkan kulepas selamanya

Hilangkanlah

Keraguanmu pada diriku

Di saat kujauh darimu

Monday, 24 May 2010

melepas mu . . .

tak mungkin menyalahkan waktu
tak mungkin menyalahkan keadaan
kau datang di saat membutuhkanmu
dari masalah hidupku bersamanya
*courtesy of LirikLaguIndonesia.net
reff:
semakin ku menyayangimu
semakin ku harus melepasmu dari hidupku
tak ingin lukai hatimu lebih dari ini
kita tak mungkin trus bersama

satu saat nanti kau kan dapatkan
seorang yang akan dampingi hidupmu
biarkan ini menjadi kenangan
dua hati yang tak pernah menyatu

repeat reff

maafkan aku yang membiarkanmu
masuk ke dalam hidupku ini
maafkan aku yang harus melepasmu
walau ku tak ingin

repeat reff


Yang pengen lebih romantis .., nyanyinya pake gitar..niy Q kasi chord nya..

========= Chord ==========

[intro] Am C-F
G-Am C-F 3x

G Dm
tak mungkin menyalahkan waktu
G F
tak mungkin menyalahkan keadaan
G Dm
kau datang di saat membutuhkanmu
G F
dari masalah hidupku bersamanya

reff:
G C G
semakin ku menyayangimu
Dm Am G
semakin ku harus melepasmu dari hidupku
C G Dm
tak ingin lukai hatimu lebih dari ini
Am G
kita tak mungkin trus bersama

Am C-F

G Dm
satu saat nanti kau kan dapatkan
G F
seorang yang akan dampingi hidupmu
G Dm
biarkan ini menjadi kenangan
G F G
dua hati yang tak pernah menyatu

[interlude] Am G
C G Dm Am

[chorus]
C G
semakin ku menyayangimu
Dm Am G
semakin ku harus melepasmu dari hidupku
C G Dm
tak ingin lukai hatimu lebih dari ini
Am G
kita tak mungkin trus bersama

G# A#
maafkan aku yang membiarkanmu
G# A#
masuk ke dalam hidupku ini
Fm Gm G#
maafkan aku yang harus melepasmu
G
walau ku tak ingin


Yang maw download lagunya Klik Disini!



My Girl Episode Terakhir

Rupanya, sebab utama kenapa Seol-woong meminta Yoo-rin pergi meninggalkan Gong-chan adalah karena meski sudah menemukan yang asli, ia masih tetap menganggap gadis itu sebagai cucunya. Sambil melap air matanya yang menetes, Yoo-rin menyebut bakal membereskan semua dengan caranya sendiri.

Saat melangkah keluar, ia berpapasan dengan Seo-hyoon yang langsung membombardir gadis malang itu dengan sejumlah pertanyaan. Kaget saat tahu ayahnya-lah yang menyelamatkan cucu Seol-woong belasan tahun silam, Yoo-rin mendapat ide bagaimana membuat Gong-chan melupakannya dan tidak lupa meminta bantuan Seo-hyoon.

Walaupun sempat merasa lega, belakangan Seo-hyoon merasa bersalah karena tahu betul betapa Yoo-rin sangat mencintai Gong-chan. Dengan terpaksa, ia membantu rencana gadis itu yang mempertemukan Gong-chan, keluarganya, Yoo-rin dan sang ayah. Didepan semua yang hadir, Yoo-rin membeberkan penuturan yang mengejutkan.

Dengan wajah dingin, Yoo-rin menyebut telah mengetahui cucu perempuan Seol-woong selamat sejak awal dan menggunakan kesempatan untuk masuk ke keluarga Gong-chan serta menggunakan Seo-hyoon untuk mencapai niatnya. Sudah tentu Gong-chan tidak percaya begitu saja, namun ia terpaku saat Yoo-rin hanya menatapnya dengan dingin.

Berusaha menutup rapat-rapat kesedihannya dengan minum-minum, saat kembali Yoo-rin terkejut mendapati Gong-chan telah menunggunya untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Kembali menegaskan dirinya tidak percaya akan ucapan gadis itu, Gong-chan melangkah pergi dengan lesu.

Ketika masuk ke dalam rumah, Yoo-rin diberitahu sang ayah kalau Gong-chan telah memberinya sejumlah hadiah. Saat di dalam kamar, ia langsung terduduk lemas melihat sejumlah bola kristal yang menandakan bahwa meski waktu telah berlalu cukup lama, Gong-chan ternyata masih tetap mencintainya dengan tulus.

Siapa sangka, pertolongan justru muncul dari pihak yang paling tidak disangka : Seo-hyoon yang ternyata tidak mempercayai ucapan Yoo-rin begitu saja. Dengan air mata bercucuran, ia akhirnya mengakui telah kalah dengan Yoo-rin dalam memperebutkan Gong-chan.

Ternyata bukan cuma Gong-chan, Seol-woong juga tidak percaya akan ucapan Yoo-rin dan sadar akan kesalahannya. Sambil tersenyum, pria setengah baya itu menyuruh Yoo-rin untuk menyusul ke bandara mumpung Gong-chan belum pergi.

Lewat bocoran yang diberikan oleh bibi Gong-chan, Yoo-rin akhirnya tahu bahwa sebelum pergi, pemuda itu berada di gedung tinggi tempat mereka biasa melihat keindahan kota. Sambil berpacu dengan waktu, Yoo-rin bergegas menuju tempat tersebut.

Waktu hendak turun dengan elevator, Gong-chan teringat ucapan Yoo-rin tentang apa yang harus dilakukannya supaya keinginan bisa jadi kenyataan. Siapa sangka, pintu elevator kembali terbuka dan Yoo-rin berada didepannya sambil mengungkapkan apa yang dirasakan sebenarnya.

Ucapan itu keruan saja membuat Gong-chan tidak bisa menahan diri, dan langsung menarik Yoo-rin kedalam sambil memeluk gadis itu seerat mungkin. Kemudian dengan lembut, pemuda itu memegang pipi Yoo-rin dan menciumnya dengan lembut.

Belakangan setelah semuanya kembali normal (Gong-chan dan Yoo-rin bisa bersama lagi), akhirnya terungkap siapa cucu perempuan Seol-woong yang sebenarnya. Dia adalah Choi Ha-na yang datang bersama suaminya Lee Mong-ryong. Apakah nama itu terdengar tidak asing lagi bagi penggemar?

TAMAT.. hiks..hiks > ^_^ <

My Girl Episode Perdana

Hari-hari Joo Yoo-rin yang bekerja sebagai pemandu wisata dipenuhi hal-hal tidak terduga, salah satunya terjadi ketika ia harus menahan sebuah pesawat yang hendak ditumpangi para kliennya berangkat karena bis mereka belum tiba.

Untuk mengakalinya, gadis itu berpura-pura histeris dan membuat iba pihak keamanan bandara sehingga diperbolehkan masuk ke pesawat demi melihat 'kekasih'nya untuk terakhir kali. Aktingnya cukup meyakinkan, namun ada satu pria di dalam kabin yang tidak bisa dibohongi : Seol Gong-chan. Untungnya sebelum semua terbongkar, para kliennya berhasil naik ke pesawat.

Meski punya banyak talenta selain akting didepan orang, salah satunya kemampuan berbahasa asing, Yoo-rin dipusingkan oleh ulah ayahnya yang kerap menghabiskan uang yang didapat dengan berjudi. Bahkan, tidak jarang mereka harus bermain petak-umpet dengan para penagih utang.

Puncaknya adalah ketika pria setengah baya itu mengambil uang yang seharusnya diperuntukkan untuk membayar sewa rumah, dan para penagih utang mencari Yoo-rin. Lagi-lagi, kecerdikan gadis itu mampu memperdayai orang-orang tersebut sehingga terjadi kejar-kejaran seru.

Kejadian tersebut kembali mempertemukannya dengan Gong-chan yang pernah di'kenal'nya di pesawat, ia nyaris saja ditabrak mobil pemuda itu yang kebetulan melintas. Langsung dibawa ke rumah sakit, gadis itu langsung sumrigah saat tahu Gong-chan adalah eksekutif sebuah hotel ternama, namun semua itu tidak berlangsung lama karena lagi-lagi para penagih utang itu mengejarnya.

Lewat sejumlah aksi penyamaran, mulai dari berpura-pura menjadi tukang bersih-bersih hingga dokter, Yoo-rin akhirnya berhasil keluar dari rumah sakit dengan selamat. Cuma satu cara untuk bisa keluar dari kesulitan yang dialaminya : mencari Gong-chan yang sempat nyaris menabraknya.

Secara kebetulan, Gong-chan sendiri sedang mencari gadis itu, yang mendadak menampakkan diri di kantornya untuk meminta ganti rugi. Menggunakan berbagai cara untuk bisa menaklukkan pemuda itu, kali ini Yoo-rin tidak berkutik karena Gong-chan ternyata lebih lihai dan bisa melihat semua akal bulusnya.

Nyaris saja pulang dengan tangan kosong, kepergian Yoo-rin dihadang oleh Gong-chan, yang meminta untuk menemani pemuda itu bertemu dengan tamu-tamu dari Cina. Degnan kemampuannya berbahasa Mandarin, Yoo-rin mampu menjembatani kendala bahasa antara Gong-chan dengan tamu-tamunya, meski untuk itu ia harus menahan rasa lapar selama beberapa waktu akibat 'sibuk'.

Setelah semuanya selesai, Yoo-rin yang hendak pulang mengurungkan niatnya saat diberitahu kalau kehadirannya telah ditunggu para penagih utang. Mendengar kalau rumah peristirahatan Gong-chan jarang digunakan, ia langsung mendapat ide untuk menempatinya secara diam-diam.

Korean Drama My Girl

video

Korean Drama My Girl Episode Perdana

Korean Drama My Girl Episode Terakhir

Ada awal ada akhir.. hohohooo
gag nonton,. nyesel lhow..
bagi kauand2 yang ingin donlot tuh pelm .,., liad di mysoju.com

Friday, 21 May 2010

MTD 2010


Bagi temen2 domisili kota Malang (tercinta) gag akan asing dengan kata MTD .. maw tau kepanjangannya, Malang Tempo Doeloe. Festival tahunan ini diselenggarakan di tahun 2010 pada tanggal 20 - 23 Mei. Dihadiri oleh juataan penduduk Malang yang antusias dengan memakai dress code Batik pada umumnya, biar menghayati gthu..
Salah satunya Bapak yang berdiri di samping saya ini.. pake seragam ditambah pula dengan sepeda ontel jaman dulu kala.. hmmm

Salut banget de ama yang ikut serta berpartisipasi dalam acara MTD ini.. mulai dari penjual, pengunjung, penghibur (ngamen2 di tengah jalan maksdnya..). Penjual yang ada di MTD juga ikut mengenakan Batik juga lhow, mmm ada juga yang pake kebaya, ,.. penjual disini maksdnya orang2 yang menjual berbagai keunikan barang tempo doeloe.. hmm yang namanya tempo dulu pastinya sesuatu yang jarang di masa sekarang ini , contohnya jajanan yang ku hinggapi sekitaran jalan Ijen (tempat diadakannya MTD) yaitu arbanat.. terkadang disebut rambut nenek karena teksturnya berserabut diselimuti dengan dadar lalu dibungkus pake kertas.. hmm yummyy

Tak diduga ketertarikan pengunjung amad besar yaitu ditandai dengan penuh sesaknya saat ku membelinya, antri sesak.. berjubel apalagi kalog mendapati rombongan yang lagi berkunjung beli.. hmmm nunggu giliran niy..

Tapi have fun juga ngrasain gthu.. kand jarang2 hehehhe iah gag..

Selaen jajanan ithu ada juga lhow yang menjual tebu , dan air tebu langsung setelah pengolahan.. hmm gimana rasanya tuh..gag ragu akan keasliannya juga kan.. tapi yaa githu ramee banget orang beli.. jadi harus ngantri .. hhheehhh lewati aaahhh.. Lalu mendekat ke orang yang teriak2 "es gandhol...es gandhoooolll.... mari esnyaaa..." yuk mari incipi juga tuh esnya.. berhubung saat ithu gerah banged hawanya,. cobain aahh.. es ithu berupa es batu yang dipasrah (bukan memasrahkan diri.. tapi dipasrah - kata kerja - pake alat gethoo) lalu dikaitkan dengan merang terus di lapisi pake sirup melon dan sirup sroberi di sisi2nya.. hmmm lagziiiis.. mantapppbb..

Saat ku melahapnya dengan cara disedot tuh esnya.. hmm dinginnya ... tapi nikmat ithu terasa di kala sirupnya masih berada di bagian atas es, berhubung sirup itu berupa cairan maka suatu ketika sirup ithu akan menuju ke bawah es lalu menetes ke kertas bungkus.. semakin lama sirup itu menetes semakin sedikit pula rasa manis terasa di es gandhol tersebut ,,.. hmm ilmiah banged yaw bahasakuw.. Jadi saat rasa manis dari es itu hilang, hehehhe kubuang esnya.. penyebab lainnya juga ,. merang yang mengaitkan es patah.. jadi bukan gandhol lagi namanya.. xixiix

Semakin menyusuri area MTD semakin banyak pula foto yang dihasilkan heheheh.. berhubung pengennya es mulu jadi singgah ke warung yang menyajikan es Ketan Duren..
Bener2 wisata kuliner hari ithu ..xixiix ,,. es ini isinya ketan dengan kuah santan dibubuhi 1 biji duren tanpa daging buah durennya dan 1 biji lagi beserta daging duriannya.. yang udah dimasak sehingga bisa dimakan keak biji nangka gto (beton-biji nangka., kalog biji duren namanya apa yaw..?)

Q susuri lagi jalan sepanjang Jalan Ijen .. uups Q menemukan objek yang cute banged keliadannya .. hohohow foto dulu aaahh..
Pada belokan jalan Ijen yang ke berapaa,, gto menemukan sepaket pertunjukan wayang kulit ..


Trus da objek yang menggugah antusias kuw.. hmm ada kuda warna coklat putih.. lucunya..

Sempat membuat kaget juga di saat kuda ithu menggoyang kepalanya..hehheh grogi kalie yaw foto bareng ama akuw.. xixixix

Q mendapati topeng raksasa.. gimana buatnya tuh yee... hmmm emnak bener kata orang "Seni dan kreatif tak ada batasnya"


Sampai di ujung persimpangan jalan menuju pintu keluar area eMTeDe ada depot nasi yang di depannya dipajang dua bidadari nan elok rupawan memakai kemben warna merah dan biru..


bidadari yang warna biru ada di fB Q.. coba diliad yaw..

Kesan terhadap MTD yang udah kelima diadakan ini cukup mengajak antusias penduduk kota Malang tercengang kembali..


b^_^ c u next year ^_^d
 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates