Pages

Saturday, 23 April 2011

Apa itu CHKDSK dan Bagaimana Solusinya.. Cekidoot !!

CHKDSK muncul tiba-tiba ketika pertama kali menghidupkan komputer. CHKDSK menunjukkan adanya bad sector suatu partisi yang ada di harddisk. Menurut wikipedia CHKDSK (singkatan dari Checkdisk) merupakan salah satu perintah di dalam sistem operasi DOS dan Microsoft Windows (keluarga Windows NT) yang mampu melakukan verifikasi integritas sistem berkas yang disimpan di dalam floppy disk atau hard disk. Perintah ini mirip dengan perintah fsck (akronim dari file system check) yang terdapat di dalam sistem operasi keluarga UNIX. Perintah ini berjalan di dalam modus command-line, meski sebenarnya, Windows Explorer (dalam Windows NT) pun telah mengintegrasikannya ke dalam opsi properti dari hard disk atau volume.
Pernah suatu ketika aku mengalaminya,. saat itu di dalam partisi F terdapat autorun yang gag bisa dihapus. Dihapus aja gag bisa apalagi diformat (uups kebalik yakk). Partisi itu ku format juga gag bisa.. Aku gag buru-buru tuk instal ulang, aku ingin taw apakah ada cara simple yang bisa mengatasi ini smua.. Akhirnya ku temukan itu. 
Pastikan data dalam partisi pindahkan ke partisi lain atau di back up terlebih dahulu,. jaga-jaga aja kalog nanti ada kejadian yang tak terduga. Lalu bisa lang­sung membuka Disk Management tanpa harus melalui jalan yang panjang. Klik “Start |  Run”. Dalam input box, ketikkan “DiskMgmt.msc” (tanpa tanda kutip). Pilih partisi yang akan di-format, klik kanan pilih format.. Tunggu hingga proses format selesai 100%. Dan hasilnya autorun di partisi tersebut terhapus. Coba Restart komputer kamu,. menakjubkan CHKDSK tidak muncul kembali.

GO AHEAD !!!

1 komentar:

irmansah said...

bagus juga nih blognya kk... !!!

salam kenal ,, masih alibi buat blog... :)

Post a Comment

Welcome