Thursday, 10 July 2014

Ramadhan Penuh Kesyukuran

Malang, 10 Juli 2014

Hari ini merupakan hari ke-12 puasa di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Alhamdulillah. Rasa syukurku terpanjatkan karena banyak nikmat yang telah dianugerahkan. Suami, Ramadhan tahun ini ditemani oleh sosok laki-laki yang telah meminangku di tanggal 2 Mei 2014 yang lalu. Berbeda sekali semenjak single, saling menemani saat-saat sahur dan berbuka, hmm meski hanya untuk beberapa hari di awal puasa. Karena kesyukuran lain yaitu ada janin di dalam perut yang berhubung umur kandungannya masih muda, maka diperlukan nutrisi, asupan makanan dari sang ibu. Jadinya, di pertengahan bulan yaa ada bolong-bolongnya juga puasanya,,hihhihihi.. sesegera mungkin bisa kubayar kembali puasa yang lubang-lubang itu.

Asupan makanan untuk janin tidak hanya susu ibu hamil, melainkan makanan apapun yang mengandung 5 sehat 5 sempurna yang dikonsumsi sang ibu. Kenapa kutegaskan, karena terkadang rancu ketika harus berdiskusi dengan seseorang bahwa susu ibu hamil adalah makanan pokok bagi janin dan makanan yang ku makan adalah bentuk keegoisanku untuk mengkonsumsinya. Hmm.. 

Mengutip dari inkesehatan.blogspot.com

Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

1. Mengkonsumsi Telur

Telur baik baik dikonsumsi ibu hamil agar tidak kekurangan gizi
Telur
Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward mengatakan bahwa telur adalah salah satu makan yang sangat bagus untuk ibu hamil karena sangat bermanfaat untuk keshatan ibu dan janin. Telur sendiri mengandung kalori sekitar 90 kalori dalam satu telur. Selain itu ada kandungan vitamin yang sangat banyak, hampir 12 vitamin lebih ada didalam telur. Bukan hanya itu saja, telur juga mengandung banyak protein dan mineral. Telur merupakan salah satu makanan sehat untuk wanita hamil yang kaya akan kolin dan akan mendorong pertumbuhan bayi serta kesehatan otak bayi dalam perut anda. Dengan mengkonsumsi telur, sel – sel bayi yang ada didalam janin anda akan tumbuh pada tingkat yang eksponensial dan setiap sel. Jadi untuk anda wanita hamil sebaiknya perbanyak konsumsi telur untuk kesehatan janin dan kesehatan anda.

2. Mengkonsumsi ikan salmon

Ikan Salmon Baik dikonsumsi Ibu Hamil
Ikan Salmon

Ikan salmon selain terkenal dengan rasanya yang enak juga mengandung beberapa zat yang sangat bagus untuk perempuan hamil. Ikan slmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega 3 lemak yang sangat berguna untuk kesehatan bayi dalam perut anda. berbeda dengan ikan yang lainnya yang mengandung banyak merkuri karena ikan salmon mengandung sedikit merkuri, merkuri sendiri sangat berbahaya bagi ibu hamil karena mengganggu perkembangan sistem saraf bayi. Namun anda juga tidak dianjurkan uuntuk mengkonsumsi ikan salmon terlalu banyak, sebaiknya anda mengkonsumsi degan batasan 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri tersebut.

3. Mengkonsumsi Kacang

Kacang-kacangan Baik dikonsumsi Ibu Hamil
Kacang-kacangan
Dengan mengkonsumsi kacang akan memberikan banyak manfaat untuk wantia hamil. Dari semua jenis kacang, buncis adalah salah satu yang terbaik dibandingkan dengan yang lainnya karena serat dan proteinnya paling banyak jika dibandinkan dengan jenis kacang – kacangan yang lainnya. Protein adalah zat yang paling penting untuk kehamilan anda, namun serat juga merupakan zat yang penting untuk wanita hamil selama sembilan bulan karena pada masa hamil saluran pencernaan sudah melambat dan bisa menyebabkan resiko adanya sembelit, nah serat lah yang bisa mengatasi hal ini. Selain itu buncis juga memiliki banyak zat yang sangat bagus untuk pertumbuhan janin seperti folat dan kalsium.

4. Mengkonsumsi walnut

Walnut baik dikonsumsi oleh ibu hamil
Walnut
Jika anda tidak menyukai makan ikan atau telur namun anda membutuhkan omega-3 untuk anda dan kandungan anda, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi walnut. Walnut adalah salah satu sumber terkaya nabati omega-3. Jadi anda bisa mencobanya untuk digunakan menjadi snack atau salad yang anda suka.





5. Mengkonsumi Popcorn dan Biji-bijian

Popcorn dan Bijian baik untuk ibu hamil
Popcorn dan biji-bijian
Popcorn adalah salah satu makanan yang mengandung gandum. Nah gandum sendiri memiliki kasiat yang besar untuk para ibu – ibu hamil. Gandum mengandung banyak serat yang sangat membantu untuk kesehatan kandungan anda dan juga mengandung nutirisi lainnya bahkan vitamin E, selenium, dan fitonutrien atau senyawa dari tanaman yang melindungi sel – sel dalam tubuh anda. Jadi tidak hanya popcorn saja sebenarnya, makan makanan yang banyak terbuat dari gandum karena itu sangat bagus sekali.


6. Mengkonsumsi Ubi jalar

Ubi Jalan Baik untuk ibu hamil
Ubi Jalar
Siapa sangka ubi jalar juga bisa menjadi makanan sehat untuk anda para ibu hamil. Dalam ubi jalar ada warna oranye yang mempunyai kandungan karotenoid yang banyak mengandung vitamin A dalam tubuh kita. Selain itu ubi jalar juga mempunyai kandungan lainnya yang sangat membantu kesehatan bayi anda seperti serat, vitamin C dan juga folat sebagai tips makanan untuk ibu hamil. Apalagi ubi jalar merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk ditanam, jadi anda bisa menanam dipekarangan rumah anda untuk mendapatkan hasil tanpa harus membuang banyak uang.

7. Mengkonsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menjaga agar ibu hamil tetap sehat
Sayuran Hijau
Mengkonsumsi sayuran hijau sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk para ibu hamil. Sayur memberikan banyak manfaat untuk ibu hami karena mengandung nutirisi, seperti vitamin A,C, dan juga K serta folat. Sayuran hijau yang paling bagus adalah sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam, selain bagus untuk kesehatan bayi dalam perut anda sayuran juga sangat bagus untuk kesehatan mata anda.




8. Mengkonsumsi daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak yang dimasak setengah matang baik untuk ibu hamil
Daging tanpa lemak
Daging mempunyai banyak kandungan yang diperlukan untuk seorang ibu hamil, namun jika anda ingin mengkonsumsi daging sebaiknya anda memilih daging yang tanpa lemak atau lemaknya sudah dipisahkan. Mengkonsumsi daging yang berlemak memang tidak dilarang, namun sebaiknya dihindari karena mencegah adanya perpindahan bakteri antara daging seperti salmonella pada bayi anda.




I hope he read this blog..

Agar kesalahpahaman tidak berulang setiap kali. Karena, sepengetahuanku dari informasi beberapa teman yang sudah memiliki baby, selain makanan ibu hamil juga harus menjaga pikiran tetap tenang, fresh, selalu ceria, dan bukan sebaliknya.


0 komentar:

Post a Comment

 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates