Friday, 21 April 2017

Kartini-an dengan Bancakan


21 April 2017 ini kami merayakan Hari Kartini dengan Bancakan. Apa itu bancakan, berikut penjelasannya, dikutip dari beberapa sumber: 
Dalam budaya modern, kita mengenal acara tiup lilin dan potong kue saat perayaan ulang tahun. Namun jauh sebelum budaya modern tersebut ada, nenek moyang kita telah mengenalkan tradisi bancakan. Bancakan adalah acara makan bersama dalam satu wadah. Tradisi bancakan ini masih sangat populer di kampung-kampung, utamanya di Jawa.
Bancakan merupakan bagian dari selamatan atau syukuran yang biasanya diadakan sebagai bentuk rasa syukur untuk memperingati kelahiran atau weton anak. 
Tradisi Bancakan mempunyai filosofi yang sudah mengakar dalam masyarakat. Saamakan bersama dalam satu nampan, setiap orang duduk rendah mengelilingi nampan. Tidak ada perbedaan apakah anak tersebut anaknya orang kaya atau miskin, apakah orang tua atau muda. Semua dianggap sama statusnya. Juga tidak ada rasa jijik saat menyantap makanan bersama, malah mengikuti bancakan merupakan kegiatan yang menarik minat banyak anak-anak dan mampu membangkitkan selera makan mereka.





Budaya ini juga mencerminkan semangat gotong-royong dan kerukunan dalam bermasyarakat. Yang dibuatkan bancakan diharapkan hidupnya selalu dilimpahi kebaikan, sehat, berkah, dan bermanfaat bagi sesama.
Aamiin.. 



0 komentar:

Post a Comment

 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates