Monday 31 May 2021

Pandemi Tahun 2020

Pandemi (dari bahasa Yunani πᾶν pan yang artinya semua dan δήμος demos yang artinya orang) adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia. (https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi)
Tahun 2020 ini, ada pandemi Covid-19.
Penyakit koronavirus 2019 (bahasa Inggriscoronavirus disease 2019, disingkat COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penyakit ini mengakibatkan pandemi koronavirus 2019–2020. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan. (https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_koronavirus_2019)

Sampai-sampai kegiatan sekolah diliburkan, uuppss istilahnya Learning From Home. Belajar di rumah. Proses belajarnya adalah diberikan materi oleh sang guru di grup daring, lalu sesuai perintah pengerjaan, si anak harus menyelesaikannya.
Pertama kali saya sebagai orang tua mendidik anak sendiri dengan tugas yang diberikan oleh guru (miss izzah). Banyak pengalaman saat memberikan materi, menyelesaikan tugas, membuat prakarya, muroja'ah dan lain sebagainya. Pengalaman yang kadang membuat emosi terkuras, gegara si kakak banyak tingkah, ngambek, bosan. Saya pun kadang dibuatnya bingung. Pengajaran seperti apa yang harus saya berikan. Kok kalo saya orangtua nya sendiri ga patuh ya.. tapi kalo sama guru-gurunya di sekolah lebih menyenangkan dan mengena materinya.
Sempat didiskusikan dengan gurunya di grup daring, dikasi penjelasan seperti ini, sebagai orang tua terkadang memiliki target, anak harus bisa semuanya, harus sempurna, padahal pihak sekolah tidak memaksa si anak harus bisa ini dan itu, yang penting si anak mengenal saja sudah cukup.
Dari penjelasan tersebut, kami sebagai orang tua senantiasa memberikan penjelasan yang mudah dimengerti dan tidak terlalu memaksakan kehendak (obsesi orang tua)

Tugas rutinitas yang harus dikirim adalah kegiatan Sholat Dhuha

Membuat prakarya sesuai tema yang diberikan. 


Muroja'ah juga setiap hari disetorkan via audio.
FYI : MUROJA'AH adalah kegiatan mengulang kembali pelajaran, hapalan dan lain sebagainya. Dari segi bahasa, Muroja'ah ini berasal dari kata “roja'a yarji'u” dan “muroja'atan” yang artinya adalah kembali.
Kadang kalo dapat surat pendek yang dihafalnya, dia senang. Tapi kalo dapat surat pendek yang belum pernah diajarkan di sekolah, wajah sering mrengut, kami pun tetap mendikte pelan-pelan agar lancar.

Itulah suka duka pembelajaran daring.

Bagaimana pengalaman moms.. 


Share:

0 komentar:

Post a Comment