Saturday 13 August 2011

Marhaban Ya Ramadhan 1432 H

Bulan Ramadhan jatuh pada bulan Agustus dan tepat pada tanggal 1. Dan makin seru lagi,. hari dimana kelahiranku 7 Agustus dilalui dengan berpuasa, puasa dari segala yang berbau 'senang-senang'. Subhanallah...
12
Tak hanya aku, antusias masyarakat pun mulai membuatku merinding [hehe, lebayatun],. Mulai dari membuka usaha musiman yaitu dengan menjual jajanan, makanan, maupun minuman saat menjelang buka puasa sekitar jam 16.00 hingga bedug dipukul.
[dikutip dari google]
Puasa, menahan segala sesuatu yang membatalkannya. Pun semua orang tau apa puasa itu,.
6
Makan, minum, marah, secara umum itulah yang tidak diperbolehkan selama kita berpuasa. Makan, pengalaman yang berharga di bulan ini, yaitu tentang makan yang baik. “Berhentilah makan sebelum kenyang”,
9
 kalimat ini terngiang slalu tapi akupun belum taw sebenarnya bagaimana makna yang tersembunyi dari kalimat tersebut. Suatu ketika, benar-benar lapar, makananpun cukup tersedia dengan berbagai ragam, dan pikiran serta mulutpun mampu melahap itu semua, namun apa yang terjadi,.,.,.,., ternyata perut gag mau nerima yang sudah ku lahap,. Perut melilit, keluar masuk restroom pun ku jalani hingga tiga kali,. Tapi melilit belum berkurang. Ku ambil botol beling lalu kuisi dengan air panas dari termos di dapur, kututup botol itu, lalu ku letakkan di sekitar wilayah perut yang melilit. Reaksi yang muncul, terasa ada penekanan di perut, dan memaksaku untuk batuk,. Entah batuk [beneran] ato batuk-batukan [bo’ongan]. Alhasil, makanan-makanan itupun kembali lewat mulut dengan bentuk yang berbeda. Astaghfirullah….. Dari pengalaman sakit itu, mulai tahu apa arti dan makna dari kalimat “Berhentilah makan sebelum kenyang”.
Belokan-belokan menuju batalnya puasa sangat amat banyak sekali,. Terutama soal pembicaraan, maklum jika kaum hawa saling bertemu, topic pembicaraan bisa ngalor ngidul, dan bisa-bisa ujung-ujungnya ngrasani orang. Naudzubillah.. tapi memang susah sebenarnya kalog gag diri sendiri yang memaksa untuk diam [mulut],. Setidaknya bicara dengan topic yang baik pula.
Diam,. Tidak hanya mulut,. Tetapi juga nafsu,. Nafsu ingin belanja [maklum, di mall lagi banyak-banyaknya diskon yang nangkring, apalagi barangnya limited, hmm], nafsu amarah [udah lapar, dahaga, tapi buat gara-gara yang mengundang emosi].. hmm susah niy solusinya selain memperbanyak dzikir kepada Allah SWT. dan galakkan di hati kita tuk membaca satu ayat Al-Quran dalam sehari,.
4
Setidaknya, kita tidak lupa siapa pencipta kita, dan kita akan kembali kepada-Nya dengan tangan kosong, hanya dengan amal perbuatan di dunia.
Melihatlah ke bawah, masih banyak orang-orang yang tidak memiliki apa yang kita punya [dalam hal materi]. Namun tidak hanya melihat [dengan mata], tapi juga hati. Yaitu dengan cara memberi shodaqoh dalam bentuk apapun [tidak terbatas], bisa berupa uang atau baju yang masih layak pakai. Dalam memberi shodaqoh pun juga tak terbatas hanya kepada orang fakir miskin semata, tetapi masjid yang membutuhkan bantuan dana pembangunan.
Alhamdulillah….. dari awal bulan Ramadhan sampai hari ini,. Sahur dan buka puasa masih diberi kebersamaan dengan keluarga, meski hanya lauk yang sederhana, tapi dengan makan bersama ibu, bapak, adik laki-laki, semakin istimewa lauk tersebut.
10
 Tidak lupa takjil kurma yang dihidangkan saat buka puasa bersama serbat blewah mengiringi santapan pelepas dahaga
7
serta ditemani tontonan “Saung Sule” trans7.. inilah kebiasaan kami, jika jam 17.00 tontonan TV menayangkan channel lain, kami tidak enggan tuk mengambil remote TV [entah dari meja maupun tangan orang lain] dan kemudian beralihlah ke channel trans7 dengan menekan tombol 7 [nomor 7 pada remote menunjukkan channel trans7]. Tidak hanya menjelang buka puasa, bahkan saat sahur pun hal itu juga terjadi, Sahurnya Opera Van Java senantiasa menemani kami,. Dan lucunya orang-orang rumah ikutan joget saat ‘Time is…. Quis’ dan saat membacakan nomor telepon yang di-lagu-kan,., hahhahahhahhahahha… [ngetik sambil senyum-senyum sendiri..]
13
Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya.
===Amiiin Ya Robbal ‘Alamiin===



Share:

0 komentar:

Post a Comment