Wednesday, 7 October 2009

Terminologi (4)

VIDEO CARD

  • Anti Aliasing

Proses menghilangkan atau setidaknya mengurangi efek jaggies (sudut2 lancip) pada suatu tampilan hasil rendering. Sehingga tampilan tampak lebih realistis.

  • Clock

Nilai kecepatan kerja sinyal2 listrik di dalam jaringan komponen elektronik ato juga pada sebuah chip dalam waktu tertentu. Nilai2 ini biasanya dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz), contoh MHz.

  • DirectX

Adalah API (Application Programming Interface) yang digunakan oleh Microsoft pada operating system Windows nya. Dimana berfungsi agar Windows dapat berkomunikasi secara langsung dengan hardware2 PC yang dikendalikannya.

  • Entry-level

Segmen dari sebuah produk yang berada pada kelas terbawah di dalam lingkup teknologi yang setingkat. Dengan harga penawaran yang relative terjangkau, namun sedikit terbatas dalam fasilitas dan kecepatan kinerjanya.

  • GPU

Graphic Processing Unit atau juga disebut Visual Processing Unit (VPU), adalah chip yang didesain untuk PC atopun konsol game yang berfungsi khusus sebagai pemroses ato rendering data grafis.

  • HDR

High Dynamic Range adalah prosedur rendering pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi bagaimana level cahaya di dunia nyata bervariasi untuk jangkauan tertentu. Hal ini biasanya didapatkan dengan menggunakan dua floating-point untuk tekstur dan target yang akan di-render juga termasuk penggunaan algoritma pencahayaan yang sesuai. Meski menawarkan efek visual yang menarik, namun mengaktifkan efek ini memiliki performance hit yang cukup besar bagi VGA.

  • Heatpipe

Desain komponen pendingin yang berbentuk pipa berbahan logam. Ia berfungsi menghantarkan panas dari ujung satu ke ujung lainnya. Di dalam menghantarkan panas ini, digunakan cairan khusus di dalamnya. Bukan hanya satu, kadang digunakan banyak heatpipe di dalam satu unit komponen.


0 komentar:

Post a Comment

 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates