Wednesday, 7 October 2009

terminologi (2)

MOTHERBOARD

  • Chipset

Potongan kecil silicon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada komputer kamu. CPU salah satu contoh yang paling penting.

  • Controller

Bertugas mengatur operasi dari peralatan yang ada di bawah pengaturan motherboard. Bentuk fisik berupa sebuah chip dengan ukuran beragam, tergantung pada fungsi dan fasilitas yang dimilikinya.

  • Integrated Graphic Controller

Biasa disebut IGP (Integrated Graphic Port) oleh sebagian chipset manufaktur. Adalah chip grafis yang terintegrasi di dalam chipset motherboard dan memiliki fungsi yang sama seperti halnya video card. Bedanya, kebanyakan IGP tidak memiliki memory yang khusus untuk dirinya, dan mengambil langsung dari memory komputer utama. Walau pada sebagian produsen juga mengimplementasikan chip memory khusus untuk IGP ini.

  • MicroATX

Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard, atau juga chasing untuk menempatkan motherboard tersebut.

  • Northbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah southbridge.

  • PATA/ATA

Parallel Advanced Technology Attachment, yakni sebuah implementasi komunikasi data secara parallel dari diskdrive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data sebesar 8-bit.

  • SATA (Serial ATA)

Suatu evolusi dari Parallel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui single kabel, dan terhubung secara point-to-point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150Mbps.

  • Slot

Tempat untuk menaruh perangkat tambahan peripheral pada motherboard. Misalnya slot AGP untuk video card, slot ISA, slot DIMM untuk memory module, dst. Perkembangan slot juga terjadi, seperti PCI Express.

  • Socket

Hamper sama dengan slot, hanya saja biasa berupa dudukan processor, berupa hamparan matriks dua dimensi. Masing-masing produsen dan jenis processor memiliki jumlah pin yang berbeda.

0 komentar:

Post a Comment

 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates