Wednesday, 7 October 2009

Terminologi (1)

HARDDISK PORTABLE

  • Access time

Waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang diperlukan, dari keadaan idle(diam) hingga mendapatkan data tersebut

  • ATA/133

Standar kecepatan transfer data tertinggi perangkat storage dengan interface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7, ULTRA-MA/133, UDMA 6, dll.

  • EIDE

Enhanced Integrated Drive Electronics, juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment) atau ATAPI (Advanced Technology Attachment Packet Interface) istilah pada zaman PC IBM AT. Memiliki kecepatan data transfer rates hingga 133 MB/s untuk standard ATA-133. Keterbatasan IEDE adalah panjang kabel maksimal 18 inci (450 mm).

  • NCQ

Native Command Queuing merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Protocol ini, memiliki banyak kesamaan dengan protocol TCQ (Tagged Command Queuing) yang biasanya ditemukan pada harddisk SCSI. Dengan protocol ni memungkinkan kinerja yang lebih cepat, juga akan mengoptimalkan umur mekanisme hardware dari harddisk itu sendiri.

  • Perpendicular Recording

Proses perekaman data pada harddisk dengan memosisikan arah magnetism di permukaan platter secara vertical, cara konvensional dilakukan secara horizontal. Dengan ini, ruang platter untuk menyimpan data makin kecil dan menyebabkan peningkatan densitas data yang dapat ditampung

  • SATA

Serial Advanced Technology Attachment. Berbeda dengan IDE yang menggunakan sinyal parallel, SATA bekerja secara serial. Memungkinkan penggunaan kabel data yang lebih ringkas, jarak kabel yang lebih panjang, dan transfer speed yang lebih cepat. Standar transfer rate dimulai dari 150 MB/s (SATA-150).

0 komentar:

Post a Comment

 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates