Wednesday, 7 October 2009

Terminologi (5)

MODEM

  • AT&T

American Telephone and Telegraph yang kali pertama menemukan modem

  • Auto-radial

Fitur yang memungkinkan sebuah modem ato program komunikasi untuk men-dial lagi nomor tujuan, jika nomor tujuan tersebut sedang busy (sibuk).

  • Baud

Istilah yang merujuk kepada kecepatan dari suatu modem ketika berkomunikasi. Secara teknis, istilah ini menunjukkan perubahan dari sinyal2 elektronis tiap detiknya. Karena hal ini cukup serupa dengan jumlah bit yang dikirimkan ato diterima tiap detiknya (bit/second (bps)), maka bps dan baud kadang digunakan secara bersamaan.

  • DTMF

Dual Tone Multi-Frequency, adalah yang digunakan dalam proses dialing untuk tone. Dimana dalam tiap digit yang di dial, menggunakan dua frekuensi yang berbeda.

Terminologi (4)

VIDEO CARD

  • Anti Aliasing

Proses menghilangkan atau setidaknya mengurangi efek jaggies (sudut2 lancip) pada suatu tampilan hasil rendering. Sehingga tampilan tampak lebih realistis.

  • Clock

Nilai kecepatan kerja sinyal2 listrik di dalam jaringan komponen elektronik ato juga pada sebuah chip dalam waktu tertentu. Nilai2 ini biasanya dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz), contoh MHz.

  • DirectX

Adalah API (Application Programming Interface) yang digunakan oleh Microsoft pada operating system Windows nya. Dimana berfungsi agar Windows dapat berkomunikasi secara langsung dengan hardware2 PC yang dikendalikannya.

  • Entry-level

Segmen dari sebuah produk yang berada pada kelas terbawah di dalam lingkup teknologi yang setingkat. Dengan harga penawaran yang relative terjangkau, namun sedikit terbatas dalam fasilitas dan kecepatan kinerjanya.

  • GPU

Graphic Processing Unit atau juga disebut Visual Processing Unit (VPU), adalah chip yang didesain untuk PC atopun konsol game yang berfungsi khusus sebagai pemroses ato rendering data grafis.

  • HDR

High Dynamic Range adalah prosedur rendering pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi bagaimana level cahaya di dunia nyata bervariasi untuk jangkauan tertentu. Hal ini biasanya didapatkan dengan menggunakan dua floating-point untuk tekstur dan target yang akan di-render juga termasuk penggunaan algoritma pencahayaan yang sesuai. Meski menawarkan efek visual yang menarik, namun mengaktifkan efek ini memiliki performance hit yang cukup besar bagi VGA.

  • Heatpipe

Desain komponen pendingin yang berbentuk pipa berbahan logam. Ia berfungsi menghantarkan panas dari ujung satu ke ujung lainnya. Di dalam menghantarkan panas ini, digunakan cairan khusus di dalamnya. Bukan hanya satu, kadang digunakan banyak heatpipe di dalam satu unit komponen.


Terminologi (3)

NOTEBOOK

  • TFT LCD

Penggunaan teknologi thin-film transistor pada Liquid Cristal Display. Penggunaan layar ini juga termasuk bagian dari yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada projector, monitor LCD bahkan mulai pada tahun 2004 juga menggantikan CRT pada televisi.

  • WXGA

Standar tampilan display dengan resolusi 1280 X 768 pixel. Berbeda dengan XGA (Extended Graphics Array) yang memiliki resolusi 1024X768 pixel, atau dengan kata lain memiliki aspek ratio 4:3. Wide XGA akan menampilkan display dengan ratio 16:9 (wide screen).

  • Touchpad

Sebuah alat input yang biasanya digunakan pada computer laptop. Fungsinya sebagai penggerak kursor pada monitor, melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut.

  • SO-DIMM

Small Outline DIMM, merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada computer notebook. Dimana, SO-DIMM ini memiliki ukuran sebanyak 72 pin untuk interface 32 bit, dan 144 pin untuk interface 64 bit.

  • PCMCIA

Personal Computer Memory Card International Association, adalah sebuah organisasi yang beranggotakan dari lebih dari 500 perusahaan, dimana telah mengembangkan sebuah standar untuk komponen yang berukuran kecil. Kurang lebih sebesar kartu kredit, dan biasa disebut PC Card. Dimana mayoritas untuk computer notebook.


terminologi (2)

MOTHERBOARD

  • Chipset

Potongan kecil silicon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada komputer kamu. CPU salah satu contoh yang paling penting.

  • Controller

Bertugas mengatur operasi dari peralatan yang ada di bawah pengaturan motherboard. Bentuk fisik berupa sebuah chip dengan ukuran beragam, tergantung pada fungsi dan fasilitas yang dimilikinya.

  • Integrated Graphic Controller

Biasa disebut IGP (Integrated Graphic Port) oleh sebagian chipset manufaktur. Adalah chip grafis yang terintegrasi di dalam chipset motherboard dan memiliki fungsi yang sama seperti halnya video card. Bedanya, kebanyakan IGP tidak memiliki memory yang khusus untuk dirinya, dan mengambil langsung dari memory komputer utama. Walau pada sebagian produsen juga mengimplementasikan chip memory khusus untuk IGP ini.

  • MicroATX

Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard, atau juga chasing untuk menempatkan motherboard tersebut.

  • Northbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah southbridge.

  • PATA/ATA

Parallel Advanced Technology Attachment, yakni sebuah implementasi komunikasi data secara parallel dari diskdrive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data sebesar 8-bit.

  • SATA (Serial ATA)

Suatu evolusi dari Parallel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui single kabel, dan terhubung secara point-to-point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150Mbps.

  • Slot

Tempat untuk menaruh perangkat tambahan peripheral pada motherboard. Misalnya slot AGP untuk video card, slot ISA, slot DIMM untuk memory module, dst. Perkembangan slot juga terjadi, seperti PCI Express.

  • Socket

Hamper sama dengan slot, hanya saja biasa berupa dudukan processor, berupa hamparan matriks dua dimensi. Masing-masing produsen dan jenis processor memiliki jumlah pin yang berbeda.

Terminologi (1)

HARDDISK PORTABLE

  • Access time

Waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang diperlukan, dari keadaan idle(diam) hingga mendapatkan data tersebut

  • ATA/133

Standar kecepatan transfer data tertinggi perangkat storage dengan interface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7, ULTRA-MA/133, UDMA 6, dll.

  • EIDE

Enhanced Integrated Drive Electronics, juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment) atau ATAPI (Advanced Technology Attachment Packet Interface) istilah pada zaman PC IBM AT. Memiliki kecepatan data transfer rates hingga 133 MB/s untuk standard ATA-133. Keterbatasan IEDE adalah panjang kabel maksimal 18 inci (450 mm).

  • NCQ

Native Command Queuing merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Protocol ini, memiliki banyak kesamaan dengan protocol TCQ (Tagged Command Queuing) yang biasanya ditemukan pada harddisk SCSI. Dengan protocol ni memungkinkan kinerja yang lebih cepat, juga akan mengoptimalkan umur mekanisme hardware dari harddisk itu sendiri.

  • Perpendicular Recording

Proses perekaman data pada harddisk dengan memosisikan arah magnetism di permukaan platter secara vertical, cara konvensional dilakukan secara horizontal. Dengan ini, ruang platter untuk menyimpan data makin kecil dan menyebabkan peningkatan densitas data yang dapat ditampung

  • SATA

Serial Advanced Technology Attachment. Berbeda dengan IDE yang menggunakan sinyal parallel, SATA bekerja secara serial. Memungkinkan penggunaan kabel data yang lebih ringkas, jarak kabel yang lebih panjang, dan transfer speed yang lebih cepat. Standar transfer rate dimulai dari 150 MB/s (SATA-150).

 

: : diliecute : : Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates